Jumat, 11 Oktober 2013

Mengenali Penyebab Batuk Kering

Mengenali Penyebab Batuk Kering

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.
Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.
Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu.
Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.
Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertussis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.FM JB

Batuk Kering
Batuk sesekali memang sangat diperlukan karena membantu dalam membersihkan tenggorokan dan saluran udara. Batuk dapat berupa batuk produktif atau batuk kering.
Ketika seseorang mengalami batuk kering, dia tidak meludahkan dahak yang menyertai batuk produktif. Ketika seseorang mengalami serangan batuk kering, maka juga dikenal sebagai batuk yang tidak produktif, tetapi akan dapat dikatakan bahwa dia memiliki batuk kering yang kronis.
Batuk kering mungkin berjalan bersama dengan flu biasa, namun jika tetap selama lebih dari delapan minggu, dapat dikatakan sebagai batuk kering.
Orang dengan gaya perokok chain smoker juga beresiko tinggi menderita batuk tersebut. Penyebab batuk kering tidak dapat dibatasi hanya dengan satu faktor.

Dampak Batuk Kering
Orang yang mengalami batuk kering juga dapat mengalami hal tertentu dengan mudah seperti:
  • Pusing
  • Insomnia
  • Kejang otot
  • Mudah lelah
  • Sakit kepala
  • Suara serak
  • Tenggorokan kering
Diagnosa
Seseorang yang menderita batuk kering harus segera berkonsultasi dengan dokter, yang dapat menentukan penyebab pasti. Dokter
akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tertentu pasien seperti frekuensi batuk dan juga beberapa gejala lainnya. Mungkin pasien
juga dapat melakukan tes medis tertentu untuk mengetahui alasan yang tepat. Awalnya, pasien dapat diberi obat batuk untuk
mengontrol serangan batuk. Namun, untuk benar-benar menyembuhkan kondisi ini, adalah penting untuk menemukan akar penyebab
masalah.
Batuk kering pasti akan menurun begitu penyebabnya dipahami. Jika seseorang menderita batuk kering untuk waktu yang lama,
penting sekali untuk berkonsultasi dengan praktisi kesehatan
Cuaca yang tidak menentu saat ini, bagi yang daya tahan tubuhnya kurang, bisa jadi pilek dan batuk pun menyerang. 
Batuk, terutama batuk kering, tidak bisa dianggap remeh, sebab bisa jadi merupakan peringatan penyakit yang lebih serius. 

Penyebab batuk kering
Ada beberapa penyebab sebenarnya yang dapat menjadi pemicu untuk masalah ini.

1. Infeksi saluran pernapasan 
Jika menderita infeksi saluran pernapasan, biasanya seseorang akan mengalami batuk kering. Kondisi ini bisa berlangsung selama dua minggu. Jika sakit berlanjut, konsultasikan dengan dokter sangat dianjurkan.

2. Reaksi alergi
Batuk kering juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi. Biasanya diikuti dengan kondisi tenggorokan gatal, dan mata memerah. Cobalah hentikan alergen yang memicunya.

3. Efek samping obat 
Penyebab lain batuk kering juga efek samping dari obat yang dikonsumsi. Sifat beberapa obat (salah satunya adalah untuk mengontrol tekanan darah) memang bisa memicu batuk kering.

4. Refluks asam 
Ketika mengkonsumsi makanan pedas, jumlah asam lambung meningkat. Bahkan dalam beberapa kasus, refluks asam naik ke tenggorokan. Itulah salah satu penyebab dari batuk kering.

5. Penyakit serius 
Batuk kering juga merupakan tanda penyakit serius seperti kanker, gagal jantung, pneumonia, dan lainnya. Batuk kering biasanya juga disertai dengan berbagai gejala lain seperti sesak napas, penglihatan kabur, tubuh yang membengkak, dan kondisi yang mengkhawatirkan lainnya.

Jika Anda mengalami batuk kering yang berkepanjangan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.



dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]