Minggu, 17 November 2013

Bahan-Bahan Alami yang Dapat Membantu Menghancurkan Batu Ginjal

Bahan-Bahan Alami yang Dapat Membantu Menghancurkan Batu Ginjal

Batu Ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. 
Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).

Terbentuknya batu dalam ginjal adalah masalah yang bisa dialami oleh siapa saja saat ini. Batu ginjal bisa terbentuk dari zat kimia seperti uric acid, fosfor, atau kalsium dalam urine. Salah satu penyebab batu ginjal yang cukup umum adalah kelebihan vitamin D, mineral yang tak seimbang, dehidrasi, dan diet yang salah.

Batu ginjal lazim biasa dikeluarkan dengan cara operasi atau dengan gelombang ultrasonic yang mempunyai resiko tersndiri.
Padahal ada cara alami yang bisa digunakan untuk menghancurkan batu ginjal. 
Cara alami ini adalah dengan bahan-bahan alami/herbal, apasaja bahan alami tersebut, berikut ulasannya Gan;

1. Kemangi
Kemangi adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki efek menguatkan dan menyehatkan ginjal. Jika Anda memiliki batu ginjal, mengkonsumsi satu sendok teh jus kemangi dan madu. Ramuan herbal ini bisa menghancurkan batu ginjal jika dikonsumsi selama enam bulan secara teratur.

2. Seledri
Seledri adalah salah satu tanaman herbal yang baik untuk mengobati batu ginjal. Konsumsi seledri setiap pagi sebelum makan atau minum apapun. Mengkonsumsi seledri dengan cara ini secara teratur bisa mengurangi batu ginjal yang sudah terbentuk.

3. Dandelion
Dandelion adalah salah satu jenis bunga yang memiliki warna kuning. Untuk mengobati batu ginjal, dandelion bisa menjadi salah satu tanaman herbal yang bisa digunakan. Dandelion memiliki sifat diuretik dan mengandung potasium yang tinggi. Untuk itu dandelion bisa digunakan untuk memproduksi urine sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal.

4. Tanaman paku ekor kuda
Salah satu tanaman herbal untuk menyembuhkan dan merawat batu ginjal adalah paku ekor kuda. Tanaman ini juga bisa dipakai untuk mengobati perut yang kembung. Tanaman ini memiliki efek mendinginkan yang bisa menghancurkan batu ginjal dalam waktu singkat.
ukuran batu ginjal dengan beras
5. Kacang merah
Meski kacang merah sebenarnya bukan tanaman herbal, namun kacang-kacangan ini dipercaya bisa menghancurkan batu ginjal. Kacang merah disebut sebagai makanan terbaik untuk mengobati batu ginjal. Selain itu, kacang merah juga baik untuk menjaga kesehatan saluran kemih.

6. Delima
Para ahli menjelaskan bahwa tanaman herbal terbaik untuk mengatasi batu ginjal adalah dengan benih delima atau pomegranate, daun, dan jus buahnya. Jus buah delima dikonsumsi setiap pagi dalam keadaan perut kosong selama seminggu dipercaya bisa menyembuhkan batu ginjal.

7. Gravelroot
Gravel root adalah salah satu jenis tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal. Mengkonsumsi teh gravel root sehari sekali dipercayai bisa menghilangkan batu ginjal yang muncul.

8. Lidah Buaya
Jus lidah buaya diketahui bisa digunakan untuk membersihkan ginjal dan menghancurkan batu ginjal dari dalam. Mengkonsumsi jus lidah buaya juga ampuh untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Itulah beberapa tanaman/bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal. Namun tentu saja selain menggunakan bahan-bahan di atas, anda juga harus memeriksakan diri ke dokter. Keberhasilan tanaman herbal di atas juga bisa dipengaruhi oleh besarnya batu ginjal dan gaya hidup yang diterapkan oleh penderita.



dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]