Sabtu, 23 November 2013

Cara Mudah Mengontrol Emosi

Cara Mudah Mengontrol Emosi

Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu.

Kata "emosi" diturunkan dari kata bahasa Perancis, émotion, dari émouvoir, 'kegembiraan' dari bahasa Latin emovere, dari e- (varian eks-) 'luar' dan movere 'bergerak'. Kebanyakan ahli yakin bahwa emosi lebih cepat berlalu daripada suasana hati. Sebagai contoh, bila seseorang bersikap kasar, manusia akan merasa marah. Perasaan intens kemarahan tersebut mungkin datang dan pergi dengan cukup cepat tetapi ketika sedang dalam suasana hati yang buruk, seseorang dapat merasa tidak enak untuk beberapa jam.

Semua orang pasti pernah mengalami kenaikan emosi termasuk Anda. Perasaan Anda menjadi sangat buruk, marah, dan pada akhirnya Anda jadi mudah menangis. Tak jarang saat emosi Anda melakukan sesuatu yang malah akan membuat segalanya menjadi lebih buruk.
Lalu bagaimana cara untuk dapat mengontrol emosi yang meledak-ledak? Berikut adalah cara mudah mengontrol emosi Agan;

1. Berhitung
Saat Anda merasakan emosi Anda akan naik, cobalah untuk berhitung angka 1-10. Metode ini akan mengalihkan perhatian Anda dari topik yang membuat Anda emosi.

2. Pergi ke suatu tempat
Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengendalikan emosi Anda. Apabila Anda berada di suatu tempat dan Anda merasa bahwa kondisinya membuat Anda mudah emosi, segeralah keluar dari tempat tersebut dan pergilah ke tempat lain yang akan membuat Anda menjadi lebih tenang.

3. Relaksasi tubuh
Ini adalah cara lain untuk yang akan membantu Anda untuk menenangkan pikiran. Anda dapat mencobanya dengan duduk tenang atau berbaring.

4. Tenangkan pikiran Anda
Yoga dan meditasi adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran Anda. Cara lain untuk menenangkan pikiran Anda adalah dengan cara menarik napas secara perlahan.

Emosi adalah suatu perasaan yang wajar dialami oleh setiap orang. Namun apabila Anda tidak dapat mengendalikannya, hal ini akan menimbulkan bahaya bagi diri Anda dan orang lain.


dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]