Selasa, 28 Oktober 2014

Minyak Biji Bunga Matahari Bagus Untuk Kulit



Minyak Biji Bunga Matahari Bagus Untuk Kulit

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau "pengelana Matahari". Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.
Bunga matahari merupakan bunga nasional Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.


Minyak biji bunga matahari merupakan merupakan produk yang diklaim sehat untuk dikonsumsi. Minyak ini bisa dijadikan alternatif yang lebih sehat untuk memasak daripada minyak kelapa sawit.
Selain sehat untuk dikonsumsi, minyak ini ternyata juga menyimpan sejuta manfaat untuk kecantikan kulit. Nutrisi dalam minyak biji bunga matahari yang tinggi bisa dijadikan pelembap alami yang sekaligus menyehatkan kulit.
Mau tahu kenapa minyak biji bunga matahari baik untuk kulit? Berikut ini alasan yang dikemukakan Style Craze.

1. Karena kandungan emollient yang tinggi, minyak biji bunga matahari bisa difungsikan sebagai pelembap alami. Jika digunakan sebagai baby oil, bisa mengurangi iritasi kulit sebanyak 14 persen.

2. Minyak biji bunga matahari sangat tinggi kandungan vitamin E dibandingkan minyak almond atau shea butter. Vitamin E ini sangat penting untuk mencegah kerusakan sel kulit karena sinar ultraviolet (UVA). Vitamin ini E juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mencegah jaringan parut.

3. Minyak bunga matahari kaya akan vitamin A, C, dan D. Selain itu mengandung karotenoid dan lilin yang yang membentuk tabir pelindung kulit.
Kandungan tersebut efektif mencegah dan mengatasi jerawat. Vitamin dan asam lemak di dalamnya juga dapat menangkal bakteri penyebab jerawat.

4. Beta karoten dalam minyak biji bunga matahari memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
 
5. Antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini, mencegah munculnya keriput.
Itulah 5 kandungan nutrisi dalam minyak biji bunga matahari yang menjadikannya bahan ramah kecantikan.




Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]