Minggu, 23 November 2014

Mengapa Kucing Takut Air?

 Mengapa Kucing Takut Air?
 
Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang terbilang takut dengan air. Bila kita siram dengan air, maka kucing biasanya akan berontak. Berbeda dengan hewan lain yang cenderung menyukai air, kucing tidak pernah mau mendekati air. Kalau pun mau mendekati, itu karena ada ikan, yang memang merupakan salah satu makanan kesukaannya.
Lalu, mengapa ya kucing takut air?
 
Sekadar untuk diketahui, tidak semua jenis kucing tidak suka sama air lho, ada beberapa jenis kucing yang justru suka sekali bermain air. Hal ini pada umumnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan tempat tinggal kucing tersebut.
Maksudnya, jenis kucing yang hidup di lingkungan bersuhu sangat panas suka banget menghabiskan waktu berlama-lama berkubang di air.
Misalnya saja di daerah gurun pasir di benua Afrika sana. Di sana, baik kucing kecil seperti yang sering kita jumpai, atau malah sepupu dekat kucing, yakni singa dan harimau sangat suka berlama-lama berada di kawasan basah. Mengapa? Jelas ini ada hubungannya dengan ketersediaan asupan air minum dan untuk menjaga kelembaban tubuh.
 
Nah kembali ke pertanyaan, tentang penyebab kucing tidak suka sama air. Tapi ada yang perlu diluruskan dulu nih.
Kucing sama sekali tidak takut sama air lho, beberapa jenis kucing cuma tidak suka saja dengan air, bukannya takut. Mengapa mereka benci sama air?
Nah jawabannya juga ada beberapa kemungkinan.
Pertama, bulu kucing ini sifatnya mengunci air, jadi kalau bulu mereka terkena siraman air, air tersebut akan langsung terkunci dan membuat bulu-bulu tersebut menjadi lebih berat. Tentu saja hal ini membuat si kucing menjadi tidak nyaman.
Yang kedua, kucing punya indera penciuman yang sangat sensitif. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis kucing akan merasa tidak nyaman dengan bau-bau zat kimia yang terkandung di dalam beberapa jenis air, termasuk air ledeng. 
 
Selain kucing takut pada air, ada beberapa karakteristik/perilaku unik dari kucing, diantaranya adalah sebagai berikut;
 
Mendengkur
Kucing mendengkur ketika dia akan senang dan bahagia. Kucing merupakan satu-satunya hewan yang dapat mengeluarkan suara dengkuran. Dengkuran biasanya merupakan tanda kepuasan hati pada kucing, namun ada beberapa penyebab lain jika kucing mendengkur. Penyebab lain kucing mendengkur ketika dia akan mati dan sakit, agar dapat membuatnya menjadi nyaman dan mengurangi stres. Selain itu, kucing akan mendengkur ketika akan melahirkan dan anaknya akan mendengkur ketika sedang menyusui.
Gelombang Hertz pada dengkuran kucing berkisar antara 25 hingga 150. Pada batas lebih rendah, dengkuran kucing memiliki kecepatan getaran yang sama dengan mesin diesel yang sedang menyala. Dengkuran kucing juga dipercayai dapat mengurangi rasa stres dan mengurangi depresi. Selain kucing, spesies lain dalam keluarga kucing yang juga dapat mendengkur adalah kucing hutan, cheetah, lynx dan puma. Namun, pada harimau, singa dan macan tidak dapat mendengkur, karena menurut para ahli kucing-kucing besar yang dapat mengeluarkan suara auman tidak memiliki kemampuan untuk mendengkur.
 
Memijat
Memijat adalah salah satu kegiatan yang juga dilakukan oleh kucing. Kucing memijat dengan cara menekankan telapak tangannya secara bergantian (kanan dan kiri), dan ada juga yang memijat dengan menarik (mengeluarkan) cakarnya. Kucing biasanya memijat manusia atau kucing lain dengan disertai suara dengkuran.
Ketika anak kucing sedang menyusui, mereka pasti akan memijat-mijat perut induknya. Hal ini dilakukan untuk melancarkan aliran air susu melalui puting-puting induknya. Jika kucing memijat pemiliknya, hal tersebut telah menandakan bahwa mereka merasa aman dan nyaman. Selain itu, kucing juga telah mengklaim orang yang dipijatnya sebagai pemiliknya.
 
Refleks Meluruskan
Refleks meluruskan adalah kemampuan yang dimiliki oleh kucing untuk mengarahkan tubuhnya ketika jatuh dengan benar. Kemampuan ini akan dimilikioleh kucing ketika berumur 3-4 minggu, dan akan sempurna ketika berumur 7 minggu. Kemampuan ini dapat dilakukan oleh kucing karena kucing memiliki tulang punggung yang sangat fleksibel dan memiliki tulang selangka yang fungsional.
 
 
Wikipedia & sumber lainnya

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]