Senin, 15 Desember 2014

Mengajari Pola Makan Anak Yang Sehat

Mengajari Pola Makan Anak Yang Sehat


Pola makan seorang anak akan dapat dibentuk jika diajarkan sejak dini oleh orangtua. Hanya orangtualah yang dapat membesarkan anak-anaknya agar mereka dapat menjadi pemakan makanan yang sehat.
Mendidik anak untuk membiasakan makan sehat dapat menjadi cukup sulit bila mereka sudah kenal makan-makanan yang kurang sehat, seperti junk food. Kalau sudah begitu, mereka justru membenci makanan-makanan yang seharusnya menjadi yang paling sehat. Mereka hanya mencintai makanan berkategori  junk food.
Meskipun tugas membesarkan anak menjadi pemakan yang sehat dapat sedikit menyulitkan, tapi Anda pasti bisa membuat mereka belajar kebiasaan makan yang sehat jika Anda mengikuti langkah-langkah mudah berikut sebagaimana dilansir Boldsky.

Goda dengan sajian menarik
Tak banyak anak yang menyukai sayuran. Tugas ibu adalah membuat penampilan sayuran di atas meja hidang tampak cantik dan menyenangkan bagi anak.
Anda tetap dapat memasak hidangan lezat dengan sayuran biasa tapi menghiasnya dengan cara yang bagus atau taruh mereka dalam mangkuk menarik. Sebagai contoh, Anda dapat membentuk wajah boneka beruang dengan krim di setiap hidangan atau mungkin memotong sayuran dalam bentuk smiley sehingga anak Anda menyukainya.
Dan jika anak Anda tidak suka makan buah, Anda dapat sajikan buah-buahan tersebut ke dalam semangkuk es krim atau yogurt. Percayalah mereka akan lebih menyukainya. Pilih makanan sehat yang akan memberikan nutrisi untuknya.

Khususkan waktu untuk ngemil
Anak-anak suka sekali mengunyah makanan apa pun yang mereka temukan sebelum mereka benar-benar merasa lapar. Terutama jika itu adalah junk food.
Ini menjadi sangat sulit untuk membesarkan anak-anak menjadi pemakan sehat dalam kasus tersebut. Tetapi tidak ada alasan untuk khawatir lagi.
Mengapa Anda tidak menaruh sebuah apel di atas meja mereka sehingga setiap kali mereka lapar mereka bisa menggigit buah tersebut. Juga simpan semua jenis buah-buahan, jus dan hidangan favorit mereka dalam jangkauan, seperti dalam lemari es atau di dapur.
Baiknya Anda tidak menyediakan makanan cemilan tak sehat seperti makanan ringan yang dijual di pasaran. Dengan demikian Anda dapat membesarkan anak-anak Anda untuk menjadi pemakan sehat.

Beri contoh
Sebelum Anda membesarkan anak-anak Anda menjadi pemakan sehat, Anda harus terlebih dahulu memberikan contoh kepada mereka. Tunjukkan bahwa Anda tetap mengunyah buah-buahan setiap kali Anda punya waktu.
Anak-anak senang meniru kebiasaan orangtua mereka, baik itu baik atau buruk. Jadi cobalah untuk hidup dengan makanan sehat sehingga anak Anda belajar melakukan hal yang sama dan tumbuh menjadi pemakan sehat.


Beri kebebasan di hari libur
Baiknya Anda tidak melarangnya anak sama sekali untuk mengasup junk food atau pun fast food. Pasalnya, semakin Anda membatasinya, mereka cenderung akan melakukan sesuatu yang lebih.
Jadi, ajak mereka pergi keluar pada hari libur dan biarkan mereka memilih untuk makan apa yang pernah mereka inginkan. Anda hanya dapat mengatur proporsi dan memberitahu mereka apa yang benar untuk dikonsumsi dan apa yang tidak.











Islampos

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]