Kamis, 30 Mei 2013

Bandara Bandara Terbesar Di Dunia

Bandara Bandara Terbesar Di Dunia

Bandar udara (disingkat: bandara) atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.
Menurut Annex 14 dari ICAO (International Civil Aviation Organization), Bandar udara adalah area tertentu di daratan atau perairan (termasuk bangunan, instalasi dan peralatan) yang diperuntukkan baik secara keseluruhan atau sebagian untuk kedatangan, keberangkatan dan pergerakan pesawat.
Biasanya, bandara besar identik dengan bandara yang super sibuk karena aktivitasnya yang tinggi, maka bandara tersebut diperbesar untuk menambah kapasitasnya, baik penambahan jalur runway, terminal & fasilitas lainnya.
Berikut bandara bandara terbesar di dunia menurut luas serta kelengkapan fasilitasnya, kita lihat penampakannya dari udara Gan,

1. HARTSFIELD–JACKSON ATLANTA INTERNATIONAL
Bandar Udara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta  berada di Atlanta, Georgia. Bandara ini merupakan sebuah fasilitas bandara internasional terbesar yang menerima beberapa penerbangan dari Asia, Afrika, Eropa, Australia, dan beberapa negara di benua Amerika. Sejak 1999, bandara ini melayani sekitar 88,5 juta penumpang setiap tahun atau sekitar 240.000 penumpang setiap hari, dan merupakan bandar udara tersibuk di dunia.
Sebagai hubungan utama untuk Delta Air Lines, maskapai terbesar di dunia, bandara Atlanta berfungsi juga sebagai pusat utama untuk perjalanan di seluruh Amerika Serikat.
Letaknya di Clayton County, 11 km selatan dari tengah kota Atlanta. Dari Bandara Hartsfield, seorang bisa menggunakan MARTA, sebuah sistem angkutan cepat, untuk masuk ke dalam kota Atlanta.

2. BEIJING CAPITAL INTERNATIONAL AIRPORT
Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing adalah bandar udara internasional di Beijing, Republik Rakyat Cina. Bandar udara ini dibuka pada 2 Maret 1958, dan merupakan bandar udara tersibuk kedua di dunia.
Bandara Ibu Kota berlokasi di Distrik Chaoyang, 32 km (20 mil) timur laut dari pusat kota Beijing. Bandara ini dimiliki dan dioperasikan oleh Beijing Capital International Airport Company Limited, sebuah perusahaan yang dikontrol oleh pemerintah. Bandara Ibu Kota yang menjadi pusat operasi Air China, maskapai penerbangan nasional di Republik Rakyat Cina, yang terbang ke sekitar 120 tujuan (tidak termasuk kargo) dari Beijing. Hainan Airlines dan China Southern Airlines juga menggunakan bandara ini sebagai hub mereka.
Saat ini, Bandara Ibu Kota memiliki tiga terminal: Terminal 1 melayani penerbangan domestik; Terminal 2 dan 3 melayani penerbangan internasional.

3. LONDON HEATHROW AIRPORT
Bandar Udara Internasional London Heathrow adalah bandara utama yang melayani kota London, Britania Raya dan merupakan bandara tersibuk di negara tersebut.
Di dunia, Heathrow adalah bandara tersibuk ke-5 didunia,setelah Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta dan O'Hare di Amerika Serikat dan bandara ini memiliki jumlah penumpang terbanyak di Eropa mengalahkan Bandara Charles de Gaulle dan Bandara Internasional Frankfurt.

4. O'HARE INTERNATIONAL AIRPORT
Bandar Udara Internasional O'Hare adalah bandar udara internasional Chicago, Amerika Serikat yang terletak di Chicago, negara bagian Illinois. Bandara ini adalah pusat terbesar United Airlines dan pusat kedua terbesar untuk American Airlines, setelah Bandara Internasional Dallas-Fort Worth. Bandar udara ini dioperasikan oleh Dinas Penerbangan Kota Chicago.

5. TOKYO INTERNATIONAL AIRPORT (Haneda)
Bandar Udara Internasional Tokyo atau populer sebagai Bandara Haneda  adalah salah satu dari dua bandar udara untuk Tokyo Raya, Jepang. Bandara ini terletak di Ōta, Tokyo, 14 km sebelah selatan Stasiun Tokyo. Nama Bandara Haneda lebih populer dibandingkan dengan sebutan Bandar Udara Internasional Tokyo, Pemberian nama Hanneda dimaksudkan untuk membedakannya dari Bandara Internasional Narita yang juga pernah dinamakan "Bandara Internasional New Tokyo" (New Tokyo International Airport) hingga tahun 2004.
Haneda menangani hampir semua penerbangan ke dan dari Tokyo, sementara Bandar Udara Internasional Narita menangani sebagian besar penerbangan internasional. Pada tahun 2010, terminal internasional dibuka di Haneda bersamaan dengan selesainya pembangunan landas pacu keempat. Pembukaan terminal internasional di Haneda memungkinkan peningkatan frekuensi penerbangan internasional secara drastis ke Haneda yang sebelumnya hanya menangani penerbangan "carter berjadwal" ke Seoul, Shanghai, Hong Kong, dan Taipei. Pemerintah Jepang masih memiliki rencana untuk mengembangkan peran internasional Haneda di masa depan. Bandara ini melayani lebih dari 70 juta penumpang per tahun.

6. LOS ANGELES WORLD INTERNATIONAL AIRPORT
Bandar Udara Internasional Los Angeles atau populer dengan sebutan LAX, merupakan sebuah bandar udara yang melayani kota Los Angeles, California, Amerika Serikat. LAX terletak di barat daya Los Angeles di kota Westchester. Letaknya sekitar 16 mil (27 km) dari pusat kota.
LAX memiliki 9 terminal penumpang berbentuk"U", juga disebut sebagai "tapal kuda". Setiap terminal dilayani oleh sebuah bus shuttle. Dengan tambahan, terdapat fasilitas kargo seluas 2 juta ft² (186,000 m²) di LAX, dan sebuah heliport yang dioperasikan oleh Bravo Aviation.

7. PARIS CHARLES DE GAULLE AIRPORT
Bandar Udara Paris-Charles de Gaulle, juga dikenal sebagai Bandar Udara Roissy (atau hanya Roissy dalam bahasa Perancis), di Paris, adalah salah satu pusat penerbangan utama dunia, juga bandar udara internasio nal utama Perancis. Diberi nama setelah Charles de Gaulle (1890-1970), pemimpin Pasukan Perancis Merdeka dan pendiri Republik Kelima Perancis. Terletak di beberapa bagian komune, termasuk Roissy, 25 km di timur laut Paris.

8. DALLAS FORT WORTH INTERNATIONAL AIRPORT
Bandar Udara Internasional Dallas-Fort Worth adalah bandar udara yang terletak di antara kota Dallas dan Fort Worth. dan merupakan salah satu Bandar udara tersibuk di Amerika Serikat menurut lalu lintas penumpang internasional. Pada tahun 2010, tercatat arus kedatangan dan keberangkatan pesawat sebanyak 652.261 pesawat menempatkan bandara ini sebagai bandara keempat tersibuk di dunia berdasarkan arus kedatangan pesawat.

9. FRANKFURT AIRPORT
Bandar Udara Internasional Frankfurt am Main (juga disebut dengan nama Bandara Rhein-Main) adalah bandara terbesar di Jerman dan sebagai Frankfurt-Flughafen merupakan bagian kota yang mandiri dari kota otonom Frankfurt am Main.
Bandara Rhein-Main adalah bandara pertama dengan sistem pengurusan bagasi otomatis dan merupakan hubungan lalu lintas udara terbesar Jerman.
Kapasitas bandara adalah 82 gerakan penerbangan setiap jam antara pukul 6.00 sampai 14.00 dan 83 gerakan penerbangan antara pukul 14.00 sampai 22.00.

10. HONG KONG INTERNATIONAL AIRPORT
Bandar Udara Internasional Hong Kong adalah bandara internasional yang melayani daerah Hong Kong, Republik Rakyat Cina. Nama lain dari bandara ini adalah Bandara Chek Lap Kok.
Bandara ini terletak di pulau Chek Lap Kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis. Bandara berkapasitas sebesar 45 juta penumpang dengan 3 juta ton kargo dan setelah landas pacu kedua dibuka pada Mei 1999, kapasitas meningkat menjadi 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo. Bandara yang menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, Air Hong Kong, CR Airways, dan Hong Kong Express ini pernah menyanding penghargaan sebagai bandara terbaik di dunia, sampai akhirnya dikalahkan oleh bandara Changi Singapura.

Baca juga:
Bandara Terbesar Di Indonesia



Wikipedia & The Richest

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]