Sabtu, 18 Mei 2013

Penyakit yang mengancam akibat malas gosok gigi

14 Penyakit yang mengancam akibat malas gosok gigi

Perilaku hidup sehat rupanya masih jauh dibanding perilaku yang sebaliknya. Contohnya bisa dilihat dalam kebiasaan membersihkan gigi sebelum tidur.
Berdasar survei, sebanyak 79% orang tua dan 85% anak di Indonesia, tidak melakukan sikat gigi pada malam hari sebelum tidur.
Buruknya menjaga kebersihan mulut bukan cuma mengancam kesehatan gigi, tetapi juga seluruh tubuh. Setidaknya ada 14 jenis penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan malas gosok gigi. Simak selengkapnya ulasannya berikut ini;

Penyakit jantung
Termasuk di dalamnya jantung koroner, serangan jantung, dan gagal jantung, semua jenis penyakit jantung mengancam nyawa Anda jika malas gosok gigi dan menjaga kebersihan mulut.

Pembuluh darah tersumbat
Malas menjaga kebersihan gigi dan gusi juga bisa membuat plak berkumpul di dinding pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah menjadi lebih lambat atau malah berhenti sepenuhnya.

Stroke
Sehubungan dengan masalah darah tersumbat, aliran darah ke otak pun terganggu. Hal itu berdampak pada kurangnya asupan oksigen ke otak dan memicu stroke.

Gigi berlubang
Kuman dan bakteri yang jarang dibersihkan jelas membuat lubang di gigi. Bukan cuma sakit rasanya, mengunyah makanan pun menjadi tidak sempurna jika gigi banyak yang berlubang.

Gangguan pernapasan
Malas gosok gigi rupanya memengaruhi paru-paru. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan masalah pernapasan pun muncul. Misalnya asma, infeksi, kanker paru-paru, dan lainnya.

Gusi berdarah
Infeksi pada jaringan dan tulang yang mendukung gigi bisa terjadi jika isi mulut jarang dibersihkan. Gusi pun rentan mengalami pendarahan dan menimbulkan infeksi tersebut.

Ludwig's angina
Ludwig's angina adalah infeksi pada jaringan ikat dasar mulut yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit tersebut cukup mematikan dan memiliki sifat mencekik.

Endocarditis
Endocarditis adalah infeksi yang serius dari salah satu dari empat katup jantung. Infeksi bisa terjadi jika gigi dan gusi jarang dibersihkan. Sehingga terjadi inflamasi pada pembuluh darah dan infeksi pada katup jantung tersebut.

Abses otak
Jarang menjaga dan membersihkan rongga mulut dan gigi ternyata juga memicu abses otak - kumpulan nanah yang terbungkus oleh suatu kapsul dalam jaringan otak yang disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur.

Mediastinitis
Mediastinitis merupakan inflamasi pada bagian mediastinum - rongga di antara paru-paru kanan dan kiri yang berisi jantung, pembuluh darah besar, kerongkongan, dan organ penting lainnya.

Osteomielitis rahang
Jika tidak ingin terkena penyakit yang menginfeksi rahang ini, mulai sekarang Anda sebaiknya rajin menjaga dan membersihkan rongga mulut dan gigi.

Selulit wajah
Berikutnya, penyakit yang bisa mengancam jika Anda malas menggosok gigi adalah selulit di wajah. Kondisi tersebut terjadi akibat infeksi bakteri pada kulit.

Pneumonia
Pneumonia disebut juga dengan radang paru-paru. Pneumonia disebabkan oleh beberapa, termasuk di antaranya infeksi pada pembuluh darah yang terjadi jika Anda malas membersihkan rongga mulut.

Sepsis
Sepsis adalah respon sistem imun berlebihan terhadap infeksi yang terjadi pada tubuh. Respon berlebihan itulah yang menyebabkan peradangan luas pada tubuh dan pembekuan darah.

Demikian berbagai macam penyakit yang mengancam jika Anda malas gosok gigi. Ayo mulai sekarang bersihkan rongga mulut dengan baik dan benar!





Sumber: Care2

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]