Rabu, 13 Juni 2012

Sekilas Mengenal Penyakit Kanker


Mengenal Penyakit Kanker

KANKER adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel-sel yang tidak normal ini akan terus membelah diri, terlepas dari pengendalian tubuh dan tidak lagi menuruti hukum-hukum pembiakan.Jika hal ini tidak segara diobati maka sel kanker akan tumbuh menyusup ke jaringan sekitarnya (invasif),lalu membuat anak besar (metastasis) ke tempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Selanjutnya akan tumbuh sel kanker di tempat baru.
Tumor adalah istilah umum yang digunakan untuk segala pembengkakan atau benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan baru atau adanya penggumpalan cairan seperti kista atau benjolan yang berisi darah akibat benturan.
Namun istilah tumor umum digunakan untuk menyatakan adanya benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan baru tapi bukan radang. Oleh karena itu kita kenal dengan istilah tumor jinak yang tumbuh lambat, setempat (dalam kapsulnya), tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh serta jarang mengganggu kesehatan dan tumor ganas yang berarti kanker.

A. Jenis-jenis Kanker
Kanker dapat tumbuh dimana saja dibagian tubuh manusia. Menurut tumbuhnya dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Karsinoma : Kanker yang timbuldari sel-sel dalam lapisan penutup atau selaput dinding organ. (seperti kanker paru-paru, kanker lambung, kanker payudara, kanker mulut rahim dll)
2. Sarkoma : Kanker yang timbul dalam jaringan penghubung, tulang-belulang, otot.
3. Leukemia : Kanker yang menyerang jaringan yang memproduksi darah.
4. Limfoma : Kanker yang menyerang kelenjar getah bening.
B. Faktor Penyebab Kanker
Sampai saat ini penyebab kanker belum diketahui secara pasti. Beberapa Karsinogen yang diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker sebagai berikut :
  1. Senyawa kimia : misalnya ; sisa-sisa bahan dari bahan industri batubara, terr (jelaga), zat pengawet, zat pewarna, zat perasa (siklamat, sakarin) bahan tambahan pada makanan dan minuman, karbon tetraklorida, asbes, merkuri, arsen, kromium, benzena, kloramfenikol, fenisbutason, senyawa nitrosamin, aflatoksin (zat beracun yang disebabkan oleh jamur),asap rokok.
  2. Faktor Fisika : kanker yang disebabkan oleh berbagai radiasi misal ; nuklir,bom atom, ultraviolet. Gesekan dan benturan pada tubuh juga menjadi salah satu penyebab kanker jika cedera itu tidak dapat sembuh dengan sempurna.
  3. Virus : virus penyebab kanker atau virus onkogenik, kanker hati dihubungkan dengan virus hepatitis B, C, dan D, kanker serviks dihubungkan dengan terinfeksinya virus human papilloma.
  4. Hormon dan obat-obatan : pemberian hormon pada tubuh, seperti diethylstilbestrol (hormon seks buatan) yang menyebabkan kanker rahim, payudara, alat reproduksi. Obat kontrasepsi yang digunakan secara oral.
  5. Kelemahan genetik : dapat diturunkan pada seseorang, misal ayah punya kelemahan genetik organ hati terkadang anak juga punya kelemahan pada organ hati.

Gejala-gejala kanker dapat dibedakan dalam gejala umum dan gejala khusus sesuai lokasi kanker. Gejala umum, biasanya diketahui saat kanker dalam stadium lanjut, seperti kondisi badan lemah, berat badan menurun. Sering terjadi penderita  baru menyadari kemungkinan kanker karena berat badan menurun, bahkan ada yang tahu bahwa dia semakin kurus dari orang sekitar dan baru ada kekhawatiran mengidap penyakit kanker.
Selain gejala umum, juga didapati gejala yang sesuai dengan lokasi kanker tersebut, di antaranya dapat dikenali dengan adanya benjolan di daerah setempat seperti payudara, leher, perut, rahim, dan lain-lain. Pada kanker kandungan bisa juga adanya gangguan menstruasi. Pada kanker ginjal dengan adanya gangguan buang air kecil, nyeri pinggang dan lain-lain. Pada kanker usus besar dengan adanya gangguan buang air besar, dan lain-lain. Pada kanker prostat umumnya terjadi gangguan buang air kecil.
Pengobatan kanker ada beberapa cara yaitu bedah (operasi), kemoterapi, dan radioterapi. Penggunaannya sesuai jenis sel kanker dan sesuai stadiumnya. Dapat digunakan 1 cara atau kombinasi 2 cara, atau kombinasi ketiga cara tersebut.
Keberhasilan pengobatan juga ditentukan oleh jenis sel kanker dan stadiumnya. Umumnya keberhasilan penyembuhannya kecil, apalagi kalau sudah dalam stadium lanjut. Pengobatan dalam stadium dini keberhasilannya jauh lebih tinggi dan kualitas hidup juga lebih baik. Untuk itu sebaiknya mengetahui gejala awal kanker agar segera berobat ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan agar dapat segera didiagnosis dan selanjutnya segera diberikan pengobatan.
Tapi yang lebih baik lagi adalah pencegahan, walaupun penyebab kanker belum diketahui secara pasti, namun kita bisa mencoba menghindari faktor risiko yang dianggap sebagai pemicu timbulnya kanker.
Tips pencegahan penyakit kanker:
1. Menghindari faktor risiko kanker, di antaranya:
  • Merokok atau menghirup asap rokok
  • Makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia, bahan pengawet, dan bahan pewarna tidak sehat yang sudah dilarang lembaga konsumen
  • Polusi udara
  • Minum Alkohol
  • Asap dalam ruangan yang merupakan hasil bahan bakar berbahaya
  • Mengurangi pajanan sinar matahari
2. Menghindari gaya hidup seksual di luar norma agama
3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi
  • Perbanyak makan buah dan sayuran: Bisa dalam bentuk dasar, sayur, hidangan makanan, atau juice.
4. Melakukan kegiatan ibadah rutin dan shalat tahajjud rutin
5. Melakukan kegiatan fisik (olahraga) secara rutin
6. Melakukan vaksinasi terhadap infeksi yang menyebabkan kanker
Perhatian untuk kita semua, sebagaimana biasa umumnya di Indonesia di mana hubungan kekeluargaan sangat dekat dan saling mempengaruhi dan saling tolong menolong, umumnya bila ada salah satu keluarga yang menderita penyakit kanker, hampir semua keluarga memperhatikan, memberikan bantuan, memberikan solusi, ide dll. Berkaitan dengan akidah, semua usul pengobatan yang diberikan oleh kerabat perlu dipelajari dulu apakah sesuai dengan akidah, karena tidak sedikit cara pengobatan di Indonesia yang tidak sesuai akidah. Sering kali karena sudah mulai putus asa atau jenuh dengan pengobatan yang tidak kunjung ada perbaikan, akhirnya cara apapun ditempuh.
Perlu juga kita ingatkan kepada penderita penyakit kanker dan keluarganya untuk semakin memperbanyak do’a dan ibadah, karena do’a dari orang yang sedang sakit adalah mustajab. Tidak mustahil dengan mohon ampun atas segala dosa yang telah dilakukan selama ini dan do’a yang khusyu’ mohon kesembuhan, Allah SWT akan menyembuhkan penyakit kanker tersebut. Keyakinan akan Allah Yang Maha Menyembuhkan, menjadi energi positif untuk kesembuhan.
Sebagai kesimpulan, dalam mewaspadai penyakit kanker ini kita perlu lakukan mulai dari cara pencegahan, mengetahui gejala awal kanker, dan cara memilih jenis pengobatan. Sebelum penyakit kanker terjadi kita upayakan untuk mencegahnya,  namun apabila memang telah terjadi sebaiknya memeriksakan diri sejak adanya gejala awal, dan untuk pengobatan pilih pengobatan yang rasional dan tidak merusak akidah.





sumber: http://cbmcare.com/

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]