Rabu, 13 Juni 2012

Pesawat Terbang Terbesar Di Dunia

Pesawat Terbang Terbesar Di Dunia

Saat ini para pengguna jasa angkutan udara tengah menghadapi promosi besar-besaran dari beroperasinya pesawat angkut terbesar didunia buatan Airbus yaitu A-380. Namun sebenarnya ada pesawat terbang yang lebih besar dari pesawat Airbus 380 itu. Pesawat yang lebih besar dari A-380 adalah pesawat AN-225 Mrya buatan Rusia atau lebih dikenal dengan nama Antonov.
Sebagai gambaran tentang lebih besarnya AN-225 dari A-380 adalah perbedaan yang cukup besar dari Maximum Take Off Weight/MTOW nya, berat maksimum untuk tinggal landas. MTOW dari pesawat A-380 adalah sebesar 560.000 Kg, sedangkan pesawat A-225 mampu untuk take off dengan berat 600.000 Kg !    Pesawat AN-225 juga berukuran jauh lebih besar dari pesawat angkut raksasa yang dimiliki oleh Amerika Serikat yang dikenal dengan C-5 Galaxy.
Pesawat ini adalah termasuk jenis dari pesawat angkut strategis -strategic airlift transport aircraft. Pesawat ini merupakan hasil dari pengembangan jenis pesawat angkut raksasa sebelumnya yang bernama AN-124 Ruslan. AN-225 memiliki bentuk yang sangat unik dari ruang cargo deck nya yang memungkinkan pesawat ini mengangkut barang-barang berukuran besar. Contohnya adalah AN-225 mampu dan leluasa untuk dapat mengangkut Truck Trailer pembawa peti kemas dan atau juga mengangkut lokomotif. Tidak terlalu mengherankan melihat kemampuan angkut pesawat ini, karena pada dasarnya AN-225 di desain dalam rangka memenuhi program ruang angkasa Rusia. Salah satu kemampuannya adalah juga dapat berperan sebagai pembawa pesawat ruang angkasa ulang alik sejenis “challanger” atau “columbia” diatas punggungnya.
Pesawat jenis ini, pertama kali terbang , tahun 1988 pada tanggal 21 Desember. Tahun 1989 AN-225 sempat mengikuti “static display” di Le Bourget ,Paris Air Show. Pesawat raksasa ini ditopang oleh enam buah engine turbo fan Ivchenco Progress D-18T. Karena besarnya pesawat AN-225, maka pesawat terbang ini dilengkapi dengan roda pendarat sebanyak 32 buah.
Begitu besar dan unik nya pesawat AN-225, banyak sekali sisi dari pesawat ini yang memecahkan rekor dibidangnya. Serptember 2001, dia memecahkan rekor dengan membawa load sebesar 253.82 Ton barang, yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Juni 2003, AN-225 memindahkan lebih dari 800 ton peralatan untuk bantuan kemanusiaan di Iraq, dan masih banyak lagi.
Sampai dengan Nopember 2004 Guinness Book of Records mencatat 240 rekor berbagai aspek dari kemampuan pesawat ini. Jarak tempuh pesawat AN-225 dengan maksimum fuel adalah sejauh 15.000 Km. Untuk menerbangkan pesawat AN-225, dibutuhkan sebanyak 6 Crew yang terdiri dari 2 orang Pilot, serta 4 orang teknisi dan load master. Berikut dapat dinikmati beberapa gambar dari pesawat terbang terbesar didunia AN-225.

an-225-dan-ka1
Angkut Kereta Api

an-225
Tinggal Landas

Gendong Pesawat Ulang Alik
Gendong Pesawat Ulang Alik

Roda 32 buah
Roda 32 buah


Helicopter terbesar
Helikopter adalah  pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin. Helikopter merupakan pesawat udara yang mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. Helikopter diklasifikasikan sebagai pesawat bersayap putar untuk membedakannya dari pesawat bersayap tetap biasa lainnya. Kata helikopter berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap). Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh penemu Slovakia Jan Bahyl.

Dibandingkan dengan pesawat bersayap tetap , helikopter lebih kompleks  lebih mahal untuk dibeli dan dioperasikan, lumayan lambat, memiliki jarak jelajah dekat dan muatan yang terbatas. Sedangkan keuntungannya adalah gerakannya; helikopter mampu terbang di tempat, mundur, dan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Terbatas dalam fasilitas penambahan bahan bakar dan beban/ketinggian, helikopter dapat terbang ke lokasi mana pun, dan darat di mana pun dengan lapangan sebesar rotor dan setengah diameter. Landasan helikopter disebut helipad

Helikopter terbesar yang pernah dibangun adalah pesawat helikopter terbesar yang dikembangkan di Uni Soviet selama 1960-an disebut Mil V-12. Helikopter ini adalah kendaraan uji yang agak tidak biasa yang menampilkan dua rotor dipasang berdampingan pada ujung sayap yang besar. Setiap rotor memiliki diameter hampir 115 ft (35 m). Helikopter ini begitu besar sehingga jarak dari tepi satu disk rotor dengan sisi yang lainnya adalah hampir 220 kaki (67 m), bahkan lebih luas daripada sayap dari Boeing 747.






Pesawat Penumpang terbesar
Airbus A380 seri 900 memiliki dek-ganda, berbadan lebar, pesawat empat-mesin yang diproduksi oleh perusahaan Eropa Airbus, sebuah anak perusahaan EADS. Pesawat penumpang terbesar di dunia, A380 seri 900 dibuat dengan penerbangan perdananya pada tanggal 27 April 2005 dari Toulouse, Perancis, dan membuat penerbangan komersial pertama pada tanggal 25 Oktober 2007 dari Singapura ke Sydney dengan Singapore Airlines. Pesawat ini dikenal dengan julukan Superjumbo. A380 seri 900 mampu menampung penumpang sebanyak 900 orang.




Baca juga: Kendaraan Terbesar
                Raja-Raja Lautan





dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]