Sabtu, 16 Juni 2012

Raja-Raja Lautan Di Dunia

Kapal-Kapal Terbesar Di Dunia

Pernah mendengar nama Titanic?
Ane rasa Agan pernah mendengarnya, bahkan Agan juga pernah menonton filmnya.
Ya, Titanic adalah nama sebuah kapal / bahtera terbesar di jamannya yang pernah dibuat oleh manusia. Kita tidak bisa membandingkan dengan Bahtera nya milik Nabi Nuh,  karena kita belum pernah melihatnya, tapi Bahtera Nabi Nuh diriwatkan juga sangat besar.

Bagaimana dengan waktu sekarang? dimana manusia semakin pintar mengolah ilmu pengetahuan untuk di implementasikan dalam sebuah karya, termasuk kapal laut.
Dalam postingan berikut, Ane akan berbagi informasi tentang kapal / bahtera terbesar di dunia.
Ane akan urut dari mulai jenis kapal nya.

1. Jenis kapal Tanker (ULCC) - Ultra Large Crude Carrier

Giant Seawise
Giant Seawise atau biasa disebut juga dengan nama Knock Navis, adalah kapal terpanjang yang pernah dibangun, panjang nya mencapai 458m, lebih tinggi  dari ketinggian banyak bangunan tertinggi di dunia. Meskipun sedikit lebih kecil dari Gedung Taipei 101 di 509,2 meter (1.671 kaki) dan Menara Willis di 527,3 meter (1.730 kaki) dari permukaan jalan ke atas antena, tapi kapal ini  lebih besar & panjang dari Menara Kembar Petronas yang mempunyai tinggi 452 meter (1.483 kaki). Tanker ini diperuntukan sebagai pengangkut minyak.
Coba lihat perbandingannya pada gambar berikut Gan,

2. Kapal Jenis pengangkut kontener / Barang (VLCC) - Very Large Crude Carrier.

Emma Maersk

Emma Maersk dibangun pada tahun 2006 di Galangan Kapal Baja Odense di Denmark. Selama konstruksi, kebakaran terjadi di dalam suprastruktur yang menyebabkan penundaan enam minggu dalam penyelesaian kapal. Panjang kapal ini adalah 397m (1300 kaki). Kapal ini bisa memuat sampai 200.000 kontainer dalam sekali angkut..

MS Valle Brazil

MS Vale Brasil juga merupakan kapal terbesar kedua saat ini dalam pelayanan barang&jasa, panjang kapal ini adalah 362m.

3. Kapal Pesiar ( Cruiser )

Oasis Of The Sea

Kapal pesiar terbesar di dunia (dan penumpang kapal pada umumnya) adalah Oasis of the Seas. Kapal ini milik Oasis Royal Caribbean yang sebelumnya dikenal sebagai Project Genesis.
Kapal Pesiar yang panjangnya mencapai 360m ini, mampu membawa sebanyak 6000 lebih penumpang / turis. Kapal pesiar yang umumnya bertingkat ini, didalamnya terdapat  kasino, bioskop, kolam renang dll, mirip sebagai hotel terapung.

4. Kapal angkut LNG.

Q-Max Ship

Empat belas buah kapal Q-Max Ship telah dibangun, dengan nama masing-masing kapal yang berbeda : Mozah Al Mayeda, Mekaines, Al Mafyar, Ummu Slal, Bu Samra, Al-Ghuwairiya, Lijmiliya, Al Samriya, Al Dafna, Shagra, Zarga, Aamira dan Rasheeda. Mereka semua dioperasikan oleh Nakilat (Qatar Gas / Perusahaan Transportasi) dan semua kapal tersebut  dibangun oleh tiga kontraktor yang berbeda: Samsung Heavy Industries, Hyundai Heavy Industries dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering.
Kapal ini mempunyai panjang masing-masing sepanjang 345m.

5. Kapal Penumpang antar Samudera.

Queen Marry 2

Kapal itu bernama Queen Mary 2 oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2004. Queen Mary pada gilirannya dinamai Maria dari Teck oleh permaisuri Raja George V. Queen Mary 2 saat ini hanya transatlantik kapal laut dalam pelayanan  antara Southampton di Inggris menuju  New York di Amerika, meskipun kapal tersebut sering digunakan untuk berlayar, kapal ini digunakan juga sebagai kapal pesiar dunia tahunan.
Panjang kapal ini sendiri adalah 345m.

6. Kapal Perang ( Kapal Induk ).

USS-Enterprise

USS Enterprise dibangun oleh Newport News Shipbuilding dan Perusahaan Drydock, kapal induk ini dijuluki "Big T". Dengan panjang 342 m (1.123 kaki), kapal ini adalah kapal angkatan laut terpanjang di dunia. Kapal induk ini memiliki awak sebanyak 4.600 orang, yang terdiri dari pasukan tentara, mekanik, ahli senjata, koki dll, kapal induk juga menampung banyak pesawat tempur jet & heli kopter.

7. Kapal Layar.

Club Med 2


Salah satu kapal layar pesiar terbesar di dunia, membawa 386 penumpang sampai dengan awak sebanyak 214 orang, berlayar di perairan Mediterania dan Laut Adriatik di musim panas, dan Karibia di musim dingin, Panjang kapal ini adalah 194m.





Datuk Villa

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]