Senin, 09 Juli 2012

Hubungan Video Game Dengan Kebahagiaan

Hubungan Video Game Dengan Kebahagiaan

Apakah ada relasi antara kebahagiaan dengan bermain video game??,,,
Jawabannya adalah ada
Benar gak ya??? inilah jawabannya:

Menurut sebuah penelitian / studi terbaru menyatakan bahwa anak-anak, terutama perempuan yang bermain video game bersama orang tuanya, akan merasa lebih bahagia, sehat dan memiliki hubungan keluarga yang lebih baik.
Orang tua harus lebih sering bersama anak-anaknya, terutama disaat libur. 
Para orang tua disarankan untuk lebih sering bermain video game bersama anak-anak, terutama game yang sesuai dengan usia mereka, hal ini merupakan cara lain untuk lebih banyak terlibat dengan anak-anak.

Penyelidikan terhadap sekitar 280 keluarga dengan anak-anak usia 11-16 tahun, penyelidikan itu menanyakan tentang penggunaan video game, prestasi sekolah dan perilaku.
Anak perempuan rata-rata bermain video game dengan orang tuanya hanya sekali sebulan, meskipun 46% dari anak perempuan yang diamati tidak pernah   tidak pernah bermain dengan orang tuanya sama sekali.
Untuk anak laki-laki sekitar 45% bermain video game dengan orang tuanya, meskipun mereka sering memainkan video game yang tidak sesuai dengan usia,misalnya game dengan tema perang/perkelahian.

Remaja perempuan yang bermain video game dengan tema yang sesuai dengan usianya -bersama orang tuanya- ternyata berperilaku lebih baik, bahagia, merasa lebih terhubung dengan keluarga, tidak sungkan untuk mengungkapkan sesuatu, tidak agresif dan lebih kecil peluangnya terkena depresi.

Namun hal itu tidak berlaku bagi anak laki-laki.
"Anak laki-laki & perempuan memainkan video game dengan waktu yang sama bersama orang tuanya, tetapi secara umum anak laki-laki menghabiskan waktu lebih banyak bermain video game".
Secara umum anak laki-laki yang menghabiskan waktu lebih banyak bermain video game, prestasi sekolahnya lebih buruk dan tidak bahagia, meskipun hal ini kemungkinan besar karena penurunan waktu yang digunakan untuk kegiatan lain, seperti belajar, termasuk pekerjaan rumah serta waktu dengan keluarga & teman-teman.  



Intinya adalah:
Sempatkan bagi para orang tua untuk berkumpul & bermain bersama di 
rumah, ini bertujuan agar orang tua & anak terjadi komunikasi serta terjalin keakraban diantara mereka. 

Selalu dampingi anak-anak anda dalam hal apapun, baik hal itu dalam keadaan bermain atau belajar, dengarkan segala keluh kesahnya baik saat di sekolah atau saat dilingkungan tempat dia bermain.





0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]