Rabu, 21 November 2012

Tanda-Tanda Seseorang Sedang Mengalami Masalah Keuangan

Tanda-Tanda Seseorang Sedang Mengalami Masalah Keuangan

Pernahkah Agan mengalami masalah keuangan? Ane harap jangan pernah Gan, sumpeh Ane pernah merasakannya & itu tersiksa banget.
Tapi kenyataannya semua orang pernah merasakannya, apalagi dikalangan anak-anak muda yang mempunyai gaya hidup yang tidak sesuai dengan penghasilan, akan menyebabakan mereka mengalami masalah keuangan.
Boros? udah pasti Gan,
Apa saja tanda-tanda seseorang itu sedang mengalami masalah keuangan?
Berikut tanda-tandanya Gan,

1. Agan sudah tidak memiliki tabungan sama sekali, atau tabungan Agan di Bank sudah tidak bisa diambil alias terkuras habis.
Mulailah dari sekarang Gan, untuk lebih menghargai uang Agan di Bank.
Tabungan Agan adalah masa depan Agan, kecuali diambil untuk kepentingan-kepentingan yang sifatnya darurat.

2. Agan memiliki satu atau lebih kartu kredit, namun Agan hanya sanggup untuk membayar biaya minimum setiap bulannya atau bahkan pernah melewati satu bulan tunggakan tagihan atau biaya kartu kredit tersebut.
Ane saranin Gan, jangan pernah memiliki kartu kredit jika Agan tidak bisa mengatur masalah keuangannya, apalagi Agan memiliki kartu kredit hanya untuk gaya-gaya an atau sekedar gengsi., waaah bisa berabe Gan.

3. Pertengahan bulan, Agan harus sudah mulai berhemat atau bahkan sudah tidak bisa untuk membiayai sisa hidup Agan sendiri sampai akhir bulan, yang pada akhirnya Agan musti nyari pinjaman kesana kemari.
Aturlah keuangan Agan, harus bisa mengolah keuangan Agan sampai bisa cukup sampai ketemu lagi ama yang namanya gajihan.
Seperti Ane bilang diatas tadi, kita musti bisa menyesuaikan gaya hidup kita dengan penghasilan kita setiap bulannya.
   

4. Agan sudah tidak mempunyai / memiliki investasi dalam bentuk barang apapun untuk dijual atau digadaikan untuk menutupi kekurangan anggaran biaya hidup Agan sebulan.
Atau bisa juga Agan menukarkan barang Agan, seperti HP, kendaraan atau barang-barang lainnya dengan yang lebih murah, dengan tujuan agar Agan memiliki dana lebih dari hasil tukar tambah tersebut. 
Tapi jangan sampai deh Gan kalo Agan harus menjual barang-barang yang Agan punya, kalo udah main jual gitu susah lagi lo Gan buat memilikinya lagi, kalo gak rejeki-rejekinya amat seh, hehee

5.  Diet atau tidak makan (puasa) bukan karena alasan Agan pengen kurus, tapi benar-benar pinjaman dana yang sebelumnya Agan nanti-nantikan dari seorang teman, eh malah belon cair atau ternyata masih kurang & tidak cukup sampai akhir bulan, bakalan tambah kacau neh Gan.

6. Agan masih meminta uang kepada orang tua, disaat Agan sudah berada di usia yang mapan.
Pengalaman Ane neh Gan, Tapi ini cara yang paling top markotop lho buat menutupi masalah finansial Ane, hehee
Tapi jangan keseringan ya Gan, malah jangan sama sekali.  malu kan,, disaat kita yang seharusnya memberi kepada orang tua, eeh malah kita yang masih nyusahin orang tua. hehee,,,

7. Agan hanya memilih untuk tetap berada di rumah atau di tempat kost, disaat teman-teman Agan menghabiskan hari weekend nya di luar.
Agan mungkin akan memberi alasan, lagi tidak enak badan lah, lagi ada acara lain lah, de el el.
Yaah, tragis deh Gan.

Mudah-mudahan kita bisa mengatur/memiliki rencana keuangan kita, agar tidak mengalami masalah finansial yang akan merugikan diri kita sendiri.
Mulai lah dari sekarang untuk menjadi orang yang bisa berhemat dalam hal apapun apalagi dalam masalah keuangan.
Tapi ingat Gan hemat bukan berarti pelit ya, seperti temen Ane, hahaa



0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]