Kamis, 29 November 2012

Tips Menjadi Seorang Karyawan Baru

Tips Menjadi Seorang Karyawan Baru

Artikel Khusus Seputar Dunia Kerja
Didukung Oleh:

Pekerjaan baru sudah ditangan, berarti perjuangan sudah selesai??
Salah besar Gan. Kenyataannya hal itu hanyalah suatu permulaan.
Tantangan yang lebih sulit tengah menanti Agan, yakni beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.
Supaya terhindar dari masalah, jauhilah hal-hal berikut ini, karena akan merugikan bagi Agan jika sedang berstatus sebagai karyawan baru.

1. Tidak menggubris kultur perusahaan yang baru
Setiap perusahaan memiliki kultur masing-masing, terutama dalam hal cara kerjanya. Agan harus segera mempelajarinya agar terhindar dari masalah.
Poin-poin sederhana seperti gaya berpakaian, medium komunikasi serta fleksibilitas jam kerja termasuk beberapa hal yang harus segera Agan pelajari & berusaha untuk secepatnya beradaptasi.

2. Arogan
Sebagian karyawan baru cenderung ingin tampil & membuktikan bahwa ia memang layak dipilih. Tetapi hal itu justru akan menjadi batu sandungan yang membuat karir Agan tersungkur dalam sekejap mata saja, karena Agan dibenci oleh rekan kerja lainnya/senior Agan malah mungkin oleh Bos/atasan Agan sendiri.

3. Anti sosial
Sebaliknya beberapa karyawan baru cenderung pasif & kaku untuk memulai pergaulan ditempat kerja yang baru serta membatasi untuk bersosialisasi.
Hal ini sama buruknya dengan kasus nomer 2.
Jadi sebaiknya dari detik pertama Agan sudah mulai menjalin keakraban dengan rekan kerja lainnya tanpa sebuah arogansi.

4. Abai akan tanggung jawab
Jika Agan tidak tahu apa yang diharapkan oleh atasan/bos Agan di perusahaan yang baru, jangan sungkan untuk bertanya.
Beberapa poin penting yang harus Agan ketahui adalah ruang lingkup kerja & tanggung jawab Agan di tempat kerja yang baru tersebut.
Jadi, tanyakanlah kepada atasan Agan mengenai tanggung jawab agan di tempat kerja baru tersebut.

5. Tidak mengakui kesalahan
Wajar jika Agan melakukan kesalahan diawal-awal kerja Agan, apalagi Agan adalah berstatus karyawan baru & masih hijau dilingkungan kerja yang baru tersebut.
Walaupun segudang pengalaman sudah ada ditangan Agan sekalipun, tetapi berusahalah untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang baru sekecil apapun.
Satu hal lagi Gan, jangan pernah mempunyai pikiran bahwa kesalahan yang Agan lakukan sekecil apapun tidak ada yang akan mengetahui, maka jika Agan melakukan kesalahan, akuilah kesalahan tersebut & berjanji untuk tidak akan membuat/mengulang lagi kesalahan yang sama.



0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]