Tips Seputar Kartu ATM & Kartu Kredit
Dalam melindungi para nasabah perbankan dari kejahatan, termasuk kejahatan kartu kredit dan ATM, Bank Indonesia memberikan beberapa tips untuk menghindari tindak kejahatan di ATM.
Bank Indonesia (BI) terus melakukan edukasi terhadap para nasabah, untuk menjaga agar industri perbankan tetap aman dan nasabah terhindar dari penipuan, pun meningkatkan mawas diri dari para nasabah itu sendiri, tidak terkecuali dalam penggunaan kartu kredit dan ATM.
Berikut adalah tips mengindari kejahatan perbankan, khususnya dalam penggunaan kartu kredit dan ATM.
1. Pastikan Agan mengetahui nomor call center Agan yang asli
Sering para nasabah yang mengalami masalah kartu ATM yang tertelan, lebih percaya pada nomer call center yang di tempel di depan mesin ATM, padahal bisa saja itu adalah ulah para penjahat yang bertujuan agar si korban menelopon nomer tersebut.Sudah seharusnya setiap nasabah memiliki/mengetahui nomer call center dari bank tersebut.
Jika Agan mengalami masalah ini & Agan tidak mengetahui nomer call center, segeralah pergi ke kantor cabang bank terdekat, untuk melaporkan kejadian tersebut & memblokir untuk sementara kartu ATM Agan.
2. Tidak sembarangan Tentang Nomer Kartu
Jangan berikan nomor kartu atau masa berlaku atau tiga angka terakhir di belakang kartu kredit kepada merchant yang tidak Agan ketahui,yang selalu menelepon Agan & menawarkan suatu produk dengan fasilitas kartu kredit.
3. Tidak Sembarangan Tentang Nomer PIN
Jangan berikan nomor PIN Agan kepada siapapun termasuk kepada petugas bank ataupun orang terdekat Agan.Buatlah nomer PIN Agan yang unik & tidak akan bisa diterka oleh orang lain.
Jangan pernah membuat nomer PIN Agan berdasarkan kelahiran Agan, biasanya hal ini dilakukan oleh para nasabah.
Penggunaan PIN berdasarkan kelahiran terlalu mudah untuk ditelusuri, misalnya tanggal lahir Agan adalah 10 Nopember 1976 & Agan menjadikannya sebagai nomer PIN Agan yaitu 101176.
4. Tidak Memberikan Kartu
Jangan memberikan kartu kredit atau kartu ATM Agan kepada pihak lain karena bank tidak pernah meminta kembali kartu Agan.Musnahkanlah segera kartu kredit / kartu ATM yang sudah expire/sudah tidak berlaku & tidak digunakan lagi.
Apabila Agan mengembalikan kartu kepada bank, pastikan kartu telah dipotong oleh Agan / petugas bank.
5. Selalu Waspada
Pastikan Kartu pembayaran Agan baik kartu ATM, debit atau kartu kredit, harus selalu dalam pengawasan Agan.Apabila kartu Anda hilang / tertelan segera lakukan pemblokiran kartu untuk mengindari penyalahgunaan.
Sangat membantu, terima kasih informasinya yah.
BalasHapusSemoga buat yang lain juga berguna.
Thank :)