Kamis, 13 Desember 2012

Hobi Yang Menghasilkan Uang

Hobi Yang Menghasilkan Uang

Menurut kamus bahasa Indonesia, Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby"
Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan . 
Menghabiskan waktu dengan mengerjakan satu hobi tertentu bukanlah sesuatu yang aneh. Terdapat berbagai macam jenis hobi yang tak sekadar hobi, namun bisa menghasilkan uang.
Ketika kita sedang duduk dikelas sekolah menengah pertama, Agan mungkin ingat, kita telah menerima mata pelajaran keterampilan, pelajaran ini diberikan sebagai bekal kepada kita tentang pengenalan akan keterampilan & kita akan lebih menekuni keterampilan tersebut sekaligus mengasah bakat kita.
Berikut ini adalah hobi yang kini banyak ditekuni, plus penghasil uang tambahan bahkan sebagai mata pencaharian.

1. Menulis
Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.
Menulis biasa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Pada awal sejarahnya, menulis dilakukan dengan menggunakan gambar, contohnya tulisan hieroglif (hieroglyph) pada zaman Mesir Kuno.
Tulisan dengan aksara muncul sekitar 5000 tahun lalu. Orang-orang Sumeria (Irak saat ini) menciptakan tanda-tanda pada tanah liat. Tanda-tanda tersebut mewakili bunyi, berbeda dengan huruf-huruf hieroglif yang mewakili kata-kata atau benda.
Kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan, yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan melalui buku.
Karya sebuah tulisan tidak hanya sekedar lewat media cetak seperti buku, majalah atau pun surat kabar, tetapi saat ini berkembang tulisan melalui web/internet. 

2. Handmade / Kerajinan tangan
Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).  Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang.
Kerajinan tangan bisa terbuat dari barang - barang bekas seperti botol bekas, kardus, dan plastik makanan, atau bisa juga dari bambu, kayu, tanah liat de el el. Jika Agan mempunyai keterampilan dalam hal kerajinan tangan, gak ada salahnya jika mencobanya.


3. Fotografi
Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).
Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (exposure).
Di era fotografi digital dimana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO. Banyak temen Ane yang menggeluti hobi yang satu ini, jepret sana jepret sini. Hasil jepretannya bisa dijual kok Gan, lumayan buat nambah uang jajan.

4. Menjahit
Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan, memakai jarum tangan atau dengan mesin jahit. Orang yang bekerja menjahit pakaian disebut penjahit. Penjahit pakaian pria disebut tailor, sedangkan penjahit pakaian wanita disebut modiste. Pendidikan menjahit dapat diperoleh di kursus menjahit atau sekolah mode.
Produk jahit-menjahit dapat berupa pakaian, tirai, kasur, seprai, taplak, kain pelapis mebel, dan kain pelapis jok. Benda-benda lain yang dijahit misalnya layar, bendera, tenda, sepatu, tas, dan sampul buku.
Sebagai seni kriya, orang menjahit untuk membuat saputangan, serbet, bordir, hingga boneka isi dan kerajinan perca.
Dari kegiatan ini minimal para teman atau tetangga memesan untuk dijahitkan/membuat baju kepada kita. Lumayan kan Gan, apalagi kalo kita bisa megembangkannya.

5. Melukis
Selain melukis di atas kanvas, kini banyak ditekuni hobi melukis di atas media kain. Banyak pula yang mencoba menekuni hobi lukis dengan media botol dan gelas. Hasilnya memang bisa relatif berseni, dan punya nilai jual. Untuk lukis di media kain, sejumlah lembaga kursus menjahit kini mulai memasukkan kurikulum tersebut untuk para siswanya. Seperti halnya hobi dengan media kain lainnya, lukisan di kain bisa mengangkat harga jual pakaian jadi yang kita buat. Dan butik-lah tempat untuk memajang sekaligus membandrol harga jual karya kita.

6. Utak Atik Komponen Elektronik
Hobi yang satu ini mayoritas digandrungi oleh laki-laki.
Awalnya mungkin dimulai dari keinginan untuk tau "daleman" nya sebuah TV, PC, HP de el el, lalu coba-coba untuk mengutak-atik sendiri memperbaikinya. Atau memang dasarnya mereka-mereka ini sekolah/kursus dibidang elektronik.
Setelah mencoba & bisa memperbaiki komponen elektronik yang rusak, akhirnya banyak permintaan dari teman saudara & tetangga unyuk memperbaiki alat-alat elektronik & akhirnya keterusan sampai-sampai membuka  bengkel elektronik.

7. Beternak/Memelihara Hewan Ternak
Beternak adalah kegiatan mengembangbiakkan & membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat & hasil dari kegiatan tersebut.
Pengertian beternak tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.
Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau dan kuda, sedang kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci, burung, ikan de el el.


8. Utak Atik mesin & Modifikasi kendaraan
Sama halnya dengan hobi mengutak atik komponen elektronik, hobi yang satu ini juga awalnya dari iseng iseng memperbaiki kendaraan Agan yang rusak atau mogok atau juga suka untuk tampil beda dengan kendaraan Agan & kemudian memodifikasi kendaraan Agan tersebut.
Lama-lama hobi ini berlangsung terus menerus sampa-sampai Agan membuka bengkel kendaraan beserta modifikasinya, seperti temen Ane Gan yang memang hobi nya adalah memodifikasi sepeda motor.

9. Memasak
Hobi yang satu ini yang paling mudah ditransformasikan menjadi dana tambahan belanja, namun hobi tertata untuk mendatangkan uang.
Berbeda dengan hasil karya masakan yang bisa langsung dijual di toko atau kantin, untuk sejumlah karya dari hobi kerajinan tangan dapat dijual lewat pameran-pameran serta bazaar yang biasa digelar oleh kantor dan komunitas tertentu.  Atau Agan bisa memasarkannya lewat dunia maya. Mudah saja, buatlah blog khusus yang memamerkan karya-karya terbaik, dan paparkan alamat Agan.
Hasil yang lebih sederhana dari hobi ini adalah, Agan bisa menerima pesanan-pesanan kue atau masakan dari para tetangga atau teman-teman sekolah atau teman kerja Agan,
Lebih jauh lagi Agan bisa membuka rumah makan atau restoran yang pasti akan menjadi sumber penghasilan Agan.

Sebetulnya masih banyak hobi-hobi yang bisa menghasilkan uang atau bahkan menjadi sumber mata pencaharian Agan,
kenali kemampuan & bakat Agan, tekuni & jalani. PASTI BISA GAN.





0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]