Minggu, 27 Januari 2013

konstruksi proyek manusia yang paling mematikan

konstruksi proyek manusia yang paling mematikan

Tidak dapat dipungkiri Gan bahwa kecelakaan dan kematian selalu terjadi selama proyek konstruksi, apalagi dalam proyek-proyek besar. Sebagian besar negara sekarang sudah memiliki peraturan yang ketat mengenai keselamatan kerja di proyek konstruksi dan memberlakukan protokol untuk memastikan bahwa kecelakaan tidak akan terjadi lagi. Namun, jika kita melihat kembali sejarah, ada banyak proyek dengan korban jiwa yang tinggi dan sedikit sekali kepedulian terhadap keselamatan pekerja. Dalam daftar ini, Ane posting sepuluh konstruksi proyek manusia yang paling mematikan dengan jumlah korban yang banyak.

10. The Great Wall of China
Tidak ada fakta yang dapat di verifikasi atau dokumen tertulis tentang buruh/pekerja dari Tembok Besar China. Namun, dalam rentang waktu lebih dari 2.000 tahun untuk menyelesaikan proyek tersebut, dan di bawah pengawasan prajurit kerajaan, tidak ada keraguan bahwa dinasti pada masa itu menerapkan kerja paksa untuk membangun proyek tembok tersebut, para budak dan tawanan perang dipaksa untuk menyelesaikan proyek tersebut. Sejarawan memperkirakan bahwa sekitar 2 sampai 3 juta orang meninggal selama konstruksi, dan meskipun tidak ada literatur untuk membuktikan perkiraan ini, tampaknya hal ini menjadi pembenaran sejarah karena kita bahkan tidak tahu apa metode yang digunakan saat itu, atau metode-metode yang aman bagi para pekerja proyek tersebut . 

9. The Great Pyramids of Egypt
Pembangunan piramida Agung Mesir tidak begitu berbeda dari Tembok Besar China dalam hal kematian pekerja. Ratusan ton bobot batu-batu besar & berat dipindahkan untuk membangun Piramida besar tersebut, dan ingat Gan, di Mesir, suhu udara tidak begitu baik untuk setiap tenaga bagi para pekerja fisik. Setidaknya ratusan ribu orang tewas dalam pembangunan Piramida Agung tersebut, dan tidak ada keraguan bahwa tenaga kerja paksa yang digunakan saat itu sangat tidak dipedulikan sama sekali mengenai keamanan bekerja & keselamatannya, sehingga menyebabkan banyaknya korban jiwa.

8. Terusan Panama
Terusan Panama adalah salah satu proyek yang lebih modern, artinya dengan adanya bantuan dari alat-alat yang lebih modern dibandingkan dengan jaman-jaman sebelumnya. Proyek ini masih diperdebatkan dalam hal jenis pekerjaannya, apakah sebuah proyek rekayasa atau proyek konstruksi. Terlepas dari itu, tidak dapat disangkal bahwa pembangunan terusan Panama adalah salah satu proyek paling mematikan dalam sejarah kontemporer. Dimulai pada tahun 1880 di bawah kepemimpinan Perancis, upaya pertama untuk membangun kanal permukaan laut ditinggalkan karena kondisi medis dan biaya pembangunan yang mahal, apalagi suatu proyek dikerjakan di daerah tropis dengan medan yang tidak stabil dan berat serta hujan yang turun setiap tahun. Proyek ini bangkrut dan ditinggalkan pada tahun 1890 setelah sekitar 22.000 pekerja telah meninggal. Kematian terutama adalah dari kecelakaan, penyakit malaria dan penyakit kuning. Kemudian, orang Amerika mengambil alih proyek dan pembangunan kanal akhirnya selesai di tahun 1914 yang dua tahun lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan. Alasan utama yang berkontribusi terhadap keberhasilan proyek ini adalah kemajuan dalam bidang medis, meskipun hampir 6.000 pekerja meninggal selama pihak Amerika mengambil alih proyek ini (1.904-1.914). 
Korban total untuk proyek ini diperkirakan antara 28.000 sampai 30.609 dan sebagian besar dari penyakit yang disebarkan oleh nyamuk, yaitu malaria. 

7. The White Sea-Baltic Sea Canal
Sebuah kanal kapal di Rusia menghubungkan antara Laut Putih dengan Danau Onega, dan selanjutnya terhubung ke Laut Baltik. 
Laut Baltik-White Sea Canal dibangun menggunakan tenaga kerja paksa dari tahanan Gulag pada tahun 1931 sampai 1933. Seperti biasa, tidak ada catatan resmi untuk kasus kematian pekerja pada proyek ini, tetapi para ahli memperkirakan bahwa sekitar 100.000 orang meninggal selama proyek karena kecelakaan, penyiksaan, mal nutrisi/kekurangan makanan dan karena berbagai penyakit.

6. Hawks Nest Tunnel
Proyek ini adalah salah satu bencana terburuk dalam sejarah konstruksi di Amerika Serikat, Terowongan Hawks Nest dibangun dekat Gauley Bridge, Virginia Barat, sebagai bagian dari proyek pembangkit listrik tenaga air. Selama konstruksi, silika mineral ditemukan dan kemudian pekerja diminta untuk menambang untuk digunakan dalam baja electroprocessing. Namun, tidak ada masker atau peralatan pernapasan yang diberikan untuk digunakan selama penambangan, meskipun manajemen nya memakai peralatan tersebut selama inspeksi. Akibatnya, banyak pekerja mengalami silicosis akut, penyakit paru-paru yang mengerikan. Sejumlah besar pekerja meninggal karena silikosis. Sebuah penanda sejarah di tempat tersebut menyatakan bahwa ada sekitar 109 kematian dalam setahun, namun sidang Kongres menyatakan total  korban tewas sebanyak 476. Tapi ada sumber lain menyatakan korban tewas adalah 700 sampai lebih dari 1.000 orang. Jumlah itu sudah 1/3 dari total tenaga kerja. Banyak pekerja yang kembali ke rumah mereka di negara bagian selatan setelah sakit sehingga sangat sulit untuk menghitung jumlah akurat dari kematian dalam proyek tersebut. 

5. Bendungan Aswan
Dibangun pada tahun 1970 di Mesir, Bendungan Aswan dibangun sebagai bendungan tanggul di Sungai Nil. Proyek ini dibangun untuk mengendalikan banjir, pembangkit listrik tenaga air, dan menyediakan air untuk irigasi pertanian. Bendungan ini sebenarnya memiliki dampak yang signifikan terhadap industrialisasi Mesir, ekonomi dan budaya. Manajemen yang salah menyebabkan sekitar 500 kematian, dan meskipun jumlahnya cukup rendah dibandingkan dengan pesaing lain dalam daftar ini, kematian para pekerja disebabkan terutama karena kurangnya protokol keamanan yang tidak cerdas dalam proyek-proyek konstruksi modern. Kondisi keselamatan dalam proyek ini adalah sangat buruk dan itulah alasan mengapa banyak para pekerja meninggal. 
Baca tentang bendungan Aswan di: 
Bendungan-Bendungan Terbesar Di Dunia

4. Jalan Raya Karakoram
Dikenal sebagai Highway/jalan tol Persahabatan di Cina, Jalan Raya Karakoram menghubungkan China dan Pakistan melintasi pegunungan Karakoram dan merupakan jalan beraspal tertinggi internasional di dunia. Wilayah Xinjiang di wilayah China dan wilayah Gilgit-Baltistan dan daerah Pakhtunkhwa Khyber di wilayah Pakistan dihubungkan oleh Jalan Raya Karakoram ini, dan juga dianggap sebagai "Sembilan keajaiban di dunia". Jalan raya yang dibangun di daerah yang sangat tinggi, tepatnya pada ketinggian 4.693 meter dan dalam kondisi medan yang sangat sulit. Selama pembangunan jalan tersebut, tercatat bahwa 892 orang tewas, terutama diakibatkan karena tanah longsor.

3. Hoover Dam
Hoover Dam adalah salah satu proyek konstruksi modern yang menyebabkan sejumlah besar kematian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dibangun di Nevada, jumlah korban resmi dalam hal konstruksi nya memang sedikit, tercatat hanya 100. Tapi masalah di sini adalah bahwa ada kematian langsung yang disebabkan oleh gurun Nevada yang tak kenal ampun saat ribuan orang bergerak di sekitar area untuk mendapatkan pekerjaan di bendungan tersebut. Wilayah itu adalah area Depresi, sehingga ratusan keluarga mencari pekerjaan. Kamp-kamp didirikan untuk menampung mereka yang penuh dengan kondisi kotor dan berbagai penyakit, sehingga banyak orang kehilangan nyawa mereka di kamp tersebut. Ada pekerja yang terluka selama konstruksi dan meninggal pada periode waktu sesudahnya, tetapi catatan resmi tidak pernah menyatakan mereka. Hingga saat ini, jumlah korban tewas yang sebenarnya masih belum diketahui. 

2. Transcontinental Railroad
Inilah salah satu prestasi teknologi yang paling signifikan dan ambisius Amerika pada abad ke-19, Transcontinental Railroad. Selain ambisius & merupakan suatu prestasi, proyek ini juga dikenal sebagai proyek yang sangat mematikan. Proyek pembangunan rel Kereta api yang awalnya dikenal sebagai "Pacific Railroad", itu dibangun untuk menghubungkan Council Bluffs, Iowa / Omaha, Nebraska melalui Utah, Ogden, dan Sacramento, California dengan Samudera Pasifik di pantai timur San Francisco Bay. Tidak ada korban tewas resmi dicatat, sebagai pekerja dianggap sekali pakai karena mereka adalah imigran ilegal atau tahanan. Namun, suatu sumber yang belum dikonfirmasi mempercayai bahwa jumlah dalam proyek itu antara 1.000 sampai 1.400 jiwa. 

1. Jalan Bones - M56 Kolyma 
Proyek lain yang paling mematikan adalah  dari Rusia, jalan raya M56 Kolyma. Jalan yang menghubungkan Magadan dan Ykutsky, Nizhny Bestyakh di sisi timur Sungai Lena di Yakutsky. Jalan ini dikenal pula sebagai TRASSA, atau Kolymskaya TRASSA, dan itu dibangun dengan menggunakan tahanan dari kamp kerja Sevvostlag pada tahun 1930 dan kemudian Gulag tahanan selama masa Stalin. Tidak ada kepedulian terhadap keselamatan atau kesehatan pekerja berada di sana, dan ketika orang turun, mereka hanya menguburkan mereka dan terus bergerak. Oleh karena itu, jalan ini sering disebut "Jalan tulang" dan sekarang diperlakukan sebagai peringatan. 

Bagaimana dengan dengan di Indonesia Gan?
Pada masa penjajahan Belanda kasus kematian pekerja paksa sangat banyak, tetapi tidak ada dokumen yang menyatakan banyaknya korban tersebut karena status kita adalah negara yang sedang dijajah.
Contoh nya adalah proyek pembangunan jalan Cadas Pangeran yang menghubungkan Kota Bandung dengan Sumedang, diperkirakan korban tewas dalam proyek ini adalah ribuan orang, sebagian besar adalah kasus kecelakaan kerja, dimana para pekerja proyek jalan tersebut jatuh ke jurang, sebab yang lain adalah karena kekerasan & kelaparan.
Semoga di jaman modern ini tidak ada lagi kasus kematian para pekerja proyek dimanapun berada. Selain safety yang lebih canggih, para pekerja juga lebih dihargai.



0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]