Sabtu, 20 April 2013

Jajanan-Jajanan Kaki Lima Populer Dunia

Jajanan-Jajanan Kaki Lima Populer Dunia

Jajanan kaki lima di Indonesia sangat mudah ditemui, bahkan terlalu mudah ditemui karena maraknya pedagang kaki lima terutama di kota-kota besar.
Berbagai jenis jajanan bisa kita temukan di pingir pingir jalan tersebut. (baca: Jajanan Kaki Lima Populer Di Indonesia)
Bukan hanya ada di Indonesia jajanan kaki lima tersebut,  jika kita berkunjung ke berbagai negara, pasti kita akan menemui pedagang makanan yang menjajakannya di pinggiran jalan, rasanya kurang lengkap jika kita tidak mencicipi jajanan kaki lima di negara yang kita kunjungi tersebut & pastinya jajanan kaki lima ini harganya cukup murah dan terjangkau dibandingkan dengan versi di rumah makan atau restoran terkenal. 
Berikut adalah beberapa jajanan kaki lima populer dari berbagai belahan dunia yang populer;

Churros, Spanyol
Churros atau lebih dikenal sebagai donatnya orang Spanyol merupakan jajanan kaki lima yang sangat populer. Di negara asalnya, makanan ini dijual di gerobak dan penjualnya biasanya sudah berumur 40-50 tahunan.
Bentuknya panjang, bulat dengan tepian bergerigi seperti kaktus. Terbuat dari beberapa jenis tepung, air dan sedikit garam. Disajikan dalam keadaan panas dengan diberi taburan gula bubuk dan pilihan dipping atau cocolan rasa coklat dan vanilla. Biasanya masyarakat Spanyol menjadikan churros sebagai menu sarapan. Kini, churros juga bisa ditemukan di Jakarta, tepatnya di Grand Indonesia West Mall.

Acaraje, Brazil
Acaraje merupakan makanan kaki lima favorit di negara Brazil. Awalnya makanan ini dibawa oleh para budak dari Afrika (Nigeria) yang bekerja di Brazil. Kini makanan ini sudah menjadi makanan yang paling mudah ditemui di Brazil. Acaraje adalah kacang tanah yang direbus lalu ditumbuk / dihaluskan. Setelah ditumbuk & diberi bumbu kemudian dibentuk bulat-bulat lalu di goreng. Setelah digoreng, kemudian dibelah dua & diisi dengan udang dan salad atau bisa juga dengan saus tomat. Selain kacang tanah, kacang polong &  kacang kedelai juga sering digunakan sebagai bahan dasarnya.

Takoyaki, Jepang
Takoyaki adalah jajanan cemilan kaki lima khas dari jepang yang berisi gurita asli, dulu membuat ini mungkin agak susah, akan tetapi saat ini jajanan tersebut sudah biasa dibuat sendiri di rumah. 
Pertama nya takoyaki adalah snack berbentuk bulat seperti bola yang berdiameter 3-5 cm lalu diisi dengan potongan gurita didalamnya, dan disajikan beserta saus kacang & aneka saus lainnya. Takoyaki ini biasanya disajikan menggunakan tusukan bambu berisi 3 bulatan pertusuknya, salah satu yang unik dari takoyaki yaitu ketika kita bisa melihat aksi penjualnya yang asik mombolak-balik takoyaki di atas wajan hingga berbentuk bulat dan matang.

Pajeon, Korea Selatan
Pajeon adalah berbagai jeon dengan bawang hijau sebagai bahan menonjol. 
Jeon dibuat dengan berbagai bahan seperti irisan daging, unggas, seafood, dan sayuran tergantung pada gaya dan dicampur dengan adonan tepung atau dilapisi dengan adonan telur dan kemudian ditumis dengan minyak.
Jeon umumnya dimakan sebagai hidangan pembuka, sebagai banchan (lauk kecil), atau sebagai anju (makanan untuk dimakan sambil minum).
Pajeon sendiri adalah hidangan seperti pancake ala Korea yang terbuat dari adonan telur, tepung terigu, tepung beras, bawang, dan bahan tambahan lainnya. Varietas rasa yang sering digunakan adalah daging sapi, babi, kimchi, kerang, cumi dan makanan laut lainnya, Jika salah satu dari bahan-bahan tersebut, seperti cumi-cumi, maka akan mendominasi nama jeon, yang akan disebut " Cumi jeon"'. 

Baguette, Prancis
Baguette  adalah roti yang bentuknya lain dari roti lainnya yaitu roti dengan panjang dan ukurannya yang besar, Baguette juga sangat renyah. Diameter standar baguette kira-kira 5 atau 6 cm, tetapi panjang maksimalnya dapat mencapai 1 meter tergantung kepada si pembuatnya. Roti ini bisa memiliki berat 250 gram. Baguette merupakan jajanan kaki lima yang populer di Prancis . Baguette biasa setelah dipanggang akan ditambahkan mayones dan capuran daging serta sayuran. Baguette juga dapat di temukan di negara Asia, seperti Vietnam & Kamboja, tentunya dengan menyesuaikan cita rasa lidah orang Asia.

Nasi Lemak, Melayu
Nasi lemak adalah jenis makanan khas Suku Melayu yang dapat ditemukan di Malaysia, Indonesia, dan Singapura. Makanan ini lazim dihidangkan untuk sarapan pagi. Nasi lemak merujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk memberikan citarasa gurih. Kadangkala daun pandan dimasukkan ketika nasi lemak dimasak untuk menambahkan aromanya. Istilah lemak dalam Bahasa Melayu atau lamak dalam Bahasa Minangkabau merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa yang melepaskan kandungan lemak nabatinya ke dalam nasi yang tengah ditanak.
Nasi lemak biasanya dihidangkan dengan telur (direbus, digoreng mata sapi, atau didadar), irisan mentimun, ikan bilis atau teri goreng, dan sambal. Tetapi kini nasi lemak dijual dengan berbagai lauk-pauk seperti daging, ayam, sotong, udang, limpa, dan hati sapi.
Nasi Lemak lazim disebut dengan nama demikian di Sumatera dan Semenanjung Malaya. Sementara di beberapa daerah lainnya hidangan yang mirip nasi lemak ini dikenal dengan nama nasi uduk sedangkan di Jawa Tengah dengan nama sega liwet atau nasi liwet. Di Aceh hidangan yang mirip nasi lemak disebut nasi gurih.


Sfenj, Maroko
Sfenj merupakan jajanan yang ada di Maroko berbentuk makanan donat seperti yang kita kenal. Biasanya Sfenj dimakan oleh orang Maroko sebagai sarapan pagi atau teman minum teh & dimakan selagi masih hangat. Sfenj juga disebut sebagai donatnya orang Maroko yang terbuat dari tepung & ragi tanpa pemanis. Donat Maroko ini lebih lengket, bisa disajikan polos atau dengan taburan gula. Pedagang kaki lima di Maroko biasanya menyajikan makanan ini dengan menggunakan tusuk sate atau diikat dengan tali.

Chuanr, China
Chuanr adalah potongan-potongan kecil daging yang di tusuk & dipanggang di atas arang atau, kadang-kadang dengan panas dari listrik. Chuanr kadang-kadang juga dimasak dengan cara digoreng dalam minyak yang panas. Chuanr dapat diklasifikasikan sebagai jenis kebab. Chuanr secara tradisional dibuat dari daging domba / kambing, tapi sekarang biasa dengan menggunakan daging ayam, sapi, dan berbagai jenis makanan laut juga dapat digunakan. Secara umum, chuanr dapat dibumbui sesuai dengan preferensi, tetapi umumnya menggunakan biji jintan, potongan paprika, wijen atau minyak wijen yang ditaburkan.

Elote, Meksiko 
Elote merupakan jajanan khas kaki lima yang bisa ditemukan di jalan-jalan Meksiko. Jajanan ini sangat populer di negara ini. Elote adalah sebuah jagung bakar & rebus. 
Untuk jagung bakar uniknya sebelum di bakar jagung ini direbus dulu, baru diberi beberapa bumbu  lalu dibakar. Yang populer dari Elote adalah penyajian baru yaitu dengan mencopot jagung kemudian dimasukan kedalam mangkuk & diberi bumbu seperti mayones, keju, mentega de el el. Penyajian dengan cara ini lebih menarik & memudahkan para pembeli untuk menikmatinya dengan sendok. Selain elote, Meksiko juga mempunyai makanan khas yang lain yaitu Taco yang juga merupakan makanan / jajanan kaki lima yang populer disana.  

Nieuwe Haring, Belanda
Nieuwe Haring merupakan makanan kaki lima yang paling mudah ditemukan di negara Belanda, Jajanan ini berbahan dasar dari ikan asin Haring yang dicampur dengan garam serta bawang dan acar. Makanan ini adalah yang paling populer di negara kincir angin ini, ikan Haring adalah ikan laut yang mempunyai tulang lunak dengan banyak mengandung vitamin & protein yang tinggi. Bagi kebanyakan orang eropa, mengkonsumsi ikan adalah hal yang biasa sampai jajanan kaki lima nya juga adalah ikan laut.





dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]