Selasa, 23 April 2013

Tomat Yang Banyak Manfaat

Tomat Yang Banyak Manfaat

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.
Kita mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.
Agan mungkin selalu menikmati buah tomat, baik yang sudah berupa makanan seperti saus, jus de el el. Namun cobalah untuk makan tomat mentah yang segar Gan, demi mendapatkan khasiatnya yang luar biasa, apa saja manfaat & khasiat buah tomat?
Berikut ulasannya;

Sebagai Antioksidan
Kandungan antioksidan pada tomat adalah beta-carotene. Selain itu, tomat juga diperkaya dengan vitamin A dan C. Semuanya bekerja sama untuk melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Mengontrol diabetes
Tomat banyak mengandung mineral bernama kromium, fungsinya adalah membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula di dalam darahnya.

Efek merokok
Jika Agan adalah mantan perokok, jangan malas makan tomat. Sebab tomat mengandung asam chlorogenic dan coumaric yang merupakan agen pelawan karsinogen yang ditimbulkan dari rokok.

Pelawan kanker
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makan tomat mampu menurunkan risiko kanker lambung dan usus besar. Pasalnya di dalam tomat mengandung lycopene, antioksidan alami yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menyehatkan mata
Karena tomat kaya akan vitamin A, makan sayuran yang satu ini juga mampu menyehatkan mata. Terutama jika Agan mengalami masalah penglihatan di malam hari.

Menyehatkan jantung
Kalium dan vitamin B adalah nutrisi yang ampuh menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Agan bisa mendapatkan kedua nutrisi tersebut dengan makan tomat segar.

Mencerahkan kulit
Efek cantik dari makan tomat adalah mencerahkan kulit. Caranya, kupas tomat dan gunakan kulitnya sebagai masker wajah. Biarkan selama sepuluh menit sebelum akhirnya dibilas. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah bersih dan bersinar.

Mencegah batu ginjal
Makan tomat tanpa bijinya dilaporkan mampu menurunkan risiko batu ginjal. Jadi jangan malas mengkonsumsi sayuran bundar yang satu ini.

Rambut berkilau
Selain untuk kecantikan kulit, rambut pun bisa mendapatkan khasiat luar biasa dari tomat. Agan cukup makan tomat secara rutin karena kandungan vitamin A di dalamnya akan membuat rambut tetap kuat dan berkilau.

Memperkuat tulang
Terakhir, tomat juga kaya akan vitamin K dan kalsium yang menjaga kekuatan tulang. Jadi selain mengkonsumsi suplemen, perbanyak pula konsumsi tomat agar tulang semakin kuat.

Itulah berbagai khasiat luar biasa dari tomat. Nikmati sayuran / buah ini dalam bentuk yang masih segar demi mendapatkan berbagai khasiatnya!






Wikipedia & Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]