Senin, 10 Juni 2013

Perpustakaan Terbesar Di Dunia

Perpustakaan Terbesar Di Dunia

Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. 
Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.
Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.
Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).
Selain memiliki koleksi lengkap, perpustakaan berikut juga memiliki koleksi yang banyak, khususnya koleksi buku. 
Berikut perpustakaan perpustakaan terbesar di dunia;

1. Library of Congress
Perpustakaan Kongres Amerika Serikat (Library of Congress) secara de facto adalah perpustakaan nasional Amerika Serikat dan pusat riset Kongres Amerika Serikat. Perpustakaan ini menempati 3 buah gedung di kota Washington, D.C.. Perpustakaan ini adalah yang terbesar di dunia dari segi luas rak buku dan total koleksi buku. Katalog perpustakaan ini mendaftar lebih dari 32 juta judul bahan pustaka yang ditulis dalam 470 bahasa. Perpustakaan juga menyimpan koleksi 61 juta manuskrip, dan koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan Kitab Gutenberg. Selain itu, perpustakaan menyimpan lebih dari 1 juta judul terbitan pemerintah Amerika Serikat, 1 juta terbitan surat kabar dari seluruh dunia selama 3 abad terakhir, 33.000 volume surat kabar yang dijilid, 500.000 gulung mikrofilm, lebih dari 6.000 judul buku komik, dan koleksi literatur hukum terbesar di dunia. Koleksi bahan nonbuku terdiri dari film, 4,8 juta judul peta, lembar musik, 2,7 juta judul rekaman suara, lebih dari 13,7 juta lembar foto (termasuk gambar arsitektur), serta biola Betts Stradivarius dan Cassavetti Stradivarius.


2. National Library of China
Perpustakaan Nasional China sebelumnya dikenal sebagai Perpustakaan Jingshi, didirikan pada masa pemerintahan Dinasti Qing. Perpustakaan ini telah dialokasikan sebagai proyek konstruksi besar di bawah pemerintahan Qing dan mulai konstruksi pada tahun 1909. Perpustakaan ini pertama kali secara resmi dibuka untuk pengunjung umum setelah Revolusi Xinhai, pada tanggal 27 Agustus 1912. Pada bulan Agustus 1929, perpustakaan Jingshi  bergabung dengan Beijing Library Beihai. Pada tahun 1931, sebuah bangunan tambahan dibangun di Wenji Street untuk meluaskan perpustakaan (sekarang bangunan tambahan ini menampung koleksi naskah kuno). Pada 12 Desember 1998, Dewan Negara Cina secara resmi menyatakan perubahan perpustakaan menjadi Perpustakaan Nasional Cina. Perpustakaan ini mempunyai koleksi sebanyak 22 juta judul buku.


3. Library of the Russian Academy of Sciences
Perpustakaan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia adalah milik negara Rusia perpustakaan besar yang berbasis di Saint Petersburg di Pulau Vasilievsky.
Perpustakaan ini didirikan di Saint Petersburg dengan Keputusan Peter I pada tahun 1714 dan kemudian dimasukkan ke dalam struktur St Petersburg Academy of Sciences. Sejak 1747 semua lembaga akademik dan sejak 1783 semua penerbit dalam negeri telah diwajibkan secara hukum untuk menyediakan perpustakaan dengan salinan gratis setiap item diterbitkan.
Pada 1728-1924 koleksinya disimpan di gedung Kunstkamera, dengan yang telah membentuk lembaga akademis tunggal sampai 1803. Pada 1920-an perpustakaan menerima banyak item disita selama nasionalisasi di Soviet Rusia.
Pada 1924-1925 koleksi dipindahkan ke gedung baru yang dibangun untuk perpustakaan  pada tahun 1914 dan diduduki oleh sebuah rumah sakit militer selama Perang Dunia Pertama.
Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 20 juta buku.


4. National Library of Canada
National Library of Canada terletak di Ottawa, Kanada. National Library of Canada didirikan pada tahun 1953. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 18.800.000 buku.


5. German National Library
German National Library terletak di Frankfurt, Jerman, nama lengkapnya adalah German National Library of Science & Technologies. Perpustakaan ini didirikan pada tahun 1990 & merupakan perpustakaan sains dan teknologi terbesar di dunia. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku lebih dari 18.500.000.


6. British Library
British Library berada di London, Inggris. British Library didirikan pada 1753.
Perpustakaan ini adalah perpustakaan riset utama, dengan koleksi lebih dari 150 juta item yang berasal dari berbagai negara, dalam banyak bahasa, dan format, baik versi cetak maupun digital. Item-item ini terdiri dari: buku, naskah, jurnal, koran, majalah, suara dan rekaman musik, video, manuskrip, paten, database, peta, perangko, seni grafis, dan gambar. Koleksi Perpustakaan ini meliputi sekitar 16 juta buku, termasuk koleksi substansial naskah dan barang-barang sejarah yang berasal dari tahun 2000 SM.


7. Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences
Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences terletak di Moskow, Rusia. perpustakaan ini didirikan pada tahun 1969. 
Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 13.500.000 buku.


8. Harvard University Library
Harvard University Library berada di Cambridge, MA, USA. Harvard University Library didirikan pada tahun 1638. 
Perpustakaan ini merupakan bagian dari universitas Harvard yang berdiri 2 tahun sebelumnya yaitu tahun 1636.
Koleksi buku di perpustakaan ini berjumlah lebih dari 13.100.000 buku.


9. Vernadsky National Scientific Library of Ukraine
Vernadsky National Scientific Library of Ukraine terletak di Kiev, Ukraina.Vernadsky National Scientific Library of Ukraine didirikan pada tahun 1919. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 13 juta buku.


10. New York Public Library
New York Public Library berada di Kota New York, NY, USA. New York Public Library didirikan pada tahun 1895. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 11 juta buku.
Perpustakaan Umum New York adalah satu di antara tiga perpustakaan umum yang melayani New York City dan merupakan salah satu perpustakaan utama di Amerika Serikat. Dua perpustakaan New York City lainnya berada Brooklyn dan Queens.
Bangunan utama perpustakaan ini yang terletak di Fifth Avenue adalah hasil karya arsitektur Beaux-Arts dari Carrere and Hastings. 






dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]