Senin, 07 Oktober 2013

Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Jantung

Kebiasaan Buruk  Penyebab Sakit Jantung

Jantung adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia. Jantung bertanggung jawab untuk memompa darah dan memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh dapat berfungsi dengan benar.
Walaupun Anda tahu bahwa jantung adalah organ tubuh yang vital, namun seringkali Anda melakukan 7 kebiasaan buruk ini baik secara sadar ataupun tidak sadar yang mengakibatkan penyakit jantung.
Berikut adalah kebiasaan buruk tersebut;

Mengkonsumsi alkohol
Sesekali memang diperbolehkan untuk mengkonsumsi alkohol. Namun jangan sampai Anda menjadi alkoholik. Alkohol yang dikonsumsi terlalu banyak akan berbahaya bagi jantung Anda. Selain itu alkohol juga membahayakan tulang, menurunkan daya ingat, dan meningkatkan hipertensi.

Terlalu banyak mengkonsumsi garam
Garam akan membuat tekanan darah dalam jantung Anda melonjak sehingga Anda pun beresiko terkena tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi juga dapat memicu serangan jantung dan stroke.

Kurang berolahraga
Olahraga akan membantu tubuh kita tetap sehat dan berat badan tetap stabil. Namun apabila kita malas berolahraga, maka pelan namun pasti berat badan akan melonjak. Lonjakan berat badan ini akan berdampak tidak baik bagi kesehatan jantung.

Stres
Depresi, perasaan cemas, dan stres akan membawa dampak yang besar bagi kesehatan Anda termasuk kesehatan jantung Anda.

Mengkonsumsi makanan tidak sehat
Selain penuh dengan garam, makanan tidak sehat juga kaya akan lemak dan gula. Selain meningkatkan obesitas, makanan tidak sehat menjadi resiko utama pencetus penyakit jantung.

Merokok
Rokok yang penuh dengan zat racun dan bahan kimia lain membantu meningkatkan resiko penyakit jantung hingga 30%.

Kurang tidur
Kurang tidur menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hormon stres pun juga akan meningkat sehingga secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada kesehatan jantung Anda. Agar jantung Anda tetap sehat, usahakan untuk tidur sekitar 7-8 sehari.

Itulah beberapa kebiasaan yang seringkali kita lakukan sehari-hari. Secara tidak sadar, kebiasaan tersebut akan menghancurkan kesehatan jantung kita.



intisari online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]