Rabu, 06 November 2013

Bahan Kimia yang Merusak Kesehatan Tubuh


Bahan Kimia yang Merusak Kesehatan Tubuh

Bahan kimia tentu tidak dapat dipisahkan dalam hidup Anda. Fungsi bahan kimia sebagai pembersih, pewangi, atau bahkan perasa makanan selalu mewarnai hidup Anda. Penggunaannya yang masih dalam batas normal diperbolehkan oleh badan pengawas obat dan makanan.
Namun tentu saja bahan kimia dapat merusak kesehatan Anda secara perlahan. 
Oleh karena itu ketahui bahan kimia yang dapat mengganggu fungsi tubuh Anda seperti pada ulasan berikut;

BPA
BPA atau singkatan dari Bisphenol A digunakan untuk membuat beberapa jenis plastik yang Anda pakai sehari-hari. Apabila terkena panas, kandungan BPA yang ada di dalam plastik akan memuai dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Kandungan kimia BPA bahkan dapat mempengaruhi kesuburan Anda.


Dioksin
Dioksin adalah kandungan bahan kimia yang banyak ditemukan dalam bahan makanan berbasis hewani. Terlalu banyak mengkonsumsi dioksin makan dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres, sakit pada hati, dan mengganggu kekebalan tubuh.


Arsenik
Arsenik seringkali tak sengaja terdapat di dalam air minum. Oleh karena itu untuk menghindarinya, saringlah air minum Anda dengan baik untuk menghilangkan arsenik.


Atrazine
Kandungan atrazine banyak ditemukan dalam air keran yang siap minum. Atrazine berasal dari pestisida yang kemudian kandungan kimianya meresap ke dalam tanah dan kemudian mengalir di dalam air keran yang siap minum.


Phthalates
Tahukah Anda bahwa phthalates dapat terinduksi ke dalam sistem sel Anda? Hal ini kemudian akan mengganggu kerja sistem sel Anda yang secara langsung juga akan merusak kesehatan. Phthalates banyak ditemui di dalam produk kecantikan dan juga wadah plastik.


Lead
Lead adalah salah satu bahan kimia yang terdapat di dalam bahan cat. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dengan cat yang akan Anda gunakan untuk menghias rumah.


Mercury
Mercury atau yang dikenal dengan air raksa banyak memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satu jenis logam berat ini dihasilkan oleh berbagai macam limbah industri bahan kimia. Limbah tersebut kemudian akan mengalir ke perairan dan dapat mencemari ikan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengkonsumsi ikan yang masih mentah.


PFC
PFC atau perfluorinated adalah bahan kimia yang banyak muncul di penggorengan anti lengket milik Anda. Efek yang dapat ditimbulkan dari bahan kimia ini adalah resiko bayi lahir cacat.

Walaupun bahan kimia tidak mudah untuk dipisahkan dari hidup Anda, namun jumlahnya dapat Anda kurangi dengan lebih banyak mengkonsumsi bahan makanan alami dan juga menerapkan pola hidup yang berbasis dengan alam.


Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]