Jumat, 31 Agustus 2012

Sekilas Mengenal Flu

Sekilas Mengenal Flu

Huattchiiih,,,,
Lagi kena flu neh Gan, heheeee.. biasa kalo udah mulai masuk musim hujan, Ane pasti kena flu.
Musim hujan identik dengan datangnya berbagai penyakit, terutama influenza. Sebagian orang terlihat lebih kebal terhadap virus flu, sementara yang lain sering bersin, batuk, dan pilek.
Flu adalah infeksi pada saluran pernafasan bagian atas. Artinya, flu mempengaruhi hidung, tenggorokan, dan telinga.

Flu itu sendiri disebabkan oleh virus. Sebenarnya, terdapat lebih dari 200 virus lainnya yang bisa mengakibatkan kita terkena flu. Tapi, virus flu atau yang biasa disebut rhinovirus-lah yang paling biasa menghampiri manusia.
Sayangnya, tak ada satu pun vaksin atau suntikan yang bisa mencegah dan menghindari kamu terserang virus flu ini.
Tapi jangan khawatir Gan, tubuh manusia itu punya sistem kekebalan untuk melawan penyakit. Sel darah putih yang terdapat di dalam tubuh kita merupakan penjaga pertahanan yang terbaik.

Tanda anda terkena flu sangat mudah untuk dikenali, salah satunya adalah bersin-bersin.
Tanda-tanda yang lain adalah: demam, kadang tubuh juga menjadi dingin, tenggorokan gatal, mata & hidung berair, kadang disertai batuk, tubuh cepat lemah & lemas, hidung mempet hingga sulit untuk bernapas, malah ada sebagian orang yang merasa cepat lapar.


Menurut dokter Heru yang memeriksa Aku, sistem kekebalan tubuh kita ternyata dipengaruhi oleh berbagai kebiasaan yang tak terduga, yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kita.
Artinya ada beberapa faktor yang menyebabkan kita sangat rentan atau mudah terkena flu, pendapat dokter ini diamini oleh aku, karena yang aku rasakan memang begitu, hehee

Faktor-faktor yang menyebabkan kita terkena flu diantaranya adalah:


1. Daya tahan tubuh berkurang
Rata-rata orang dewasa akan terserang flu sebanyak satu hingga tiga kali dalam setahun. Bila Anda sering terkena flu, ini berarti sistem imun Anda tidak bekerja maksimal. 
*Cukupi waktu tidur, artinya jangan keseringan begadang Gan, hehee. 
*Olahraga yang rutin tapi tidak berlebihan. 
*Konsumsi makanan bergizi diantaranya sayur & buah.


2. Kurang minum
Tubuh kita memerlukan air untuk membuang racun. Banyak sedikitnya air yang harus kita minum berbeda tiap individu, tergantung pada aktivitas dan lingkungan. Untuk mengetahui apakah kita cukup minum, perhatikan warna urine. Bila warnanya kuning jernih, itu artinya Anda sudah cukup minum.


3. Merokok.
 Merokok dapat melemahkan fungsi bulu-bulu halus di hidung sebagai filter udara ke paru-paru, sehingga bakteri akan terperangkap dan masuk paru-paru. Hal ini menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit, salah satunya adalah flu.

4.Tidak mencuci tangan dengan benar.
  Banyak orang tidak mencuci tangan dengan benar. Cuci tangan sesering mungkin adalah salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah datangnya virus flu. karena tangan adalah bagian tubuh yang sering berhubungan langsung dengan mulut, hidung, mata, telinga dan anggota tubuh lainnya.

5.Kontak dekat dengan orang yang terinfeksi Flu.

Adalah salah satu cara yang mudah untuk tertular virus. Tapi bukan berarti Anda harus menjadi orang yang antisosial selama musim flu. Sadari saja peluang tertularnya virus. Jika Anda berjabat tangan dengan orang lain, cobalah untuk tidak menyentuh mulut atau mata anda sebelum mencuci tangan.


6. Sering stres
Bukan kebetulan bila mendadak Anda terserang flu setelah menyelesaikan pekerjaan penting malah sampai lembur. Menurut dokter Heru, stres yang berlangsung lama akan melemahkan respons sistem imun. Stres juga akan membuat gejala flu bertambah parah.





0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]