Selasa, 25 September 2012

Memaknai Arti Kata Bahagia

Memaknai Arti Kata Bahagia

"Kebahagiaan itu ketika kita mencintai apa yang kita miliki "...

Bahagia atau Kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan.
Meskipun pengukuran langsung derajat kebahagiaan masih menjadi perdebatan, Para ahli telah mengidentifikasikan beberapa hal yang berhubungan dengan kebahagiaan yaitu; hubungan dan interaksi sosial, status pernikahan, pekerjaan, kesehatan, kebebasan demokrasi, optimisme, keterlibatan religius, penghasilan, serta kedekatan dengan orang-orang yang bahagia lainnya.

Jadi, sudah bahagiakah saya? hehee,,,
Sebelum nanya bahagia ama orang lain, mendingan nanya dulu ama diri ane sendiri.
Sebuah pesan untuk hidup bahagia yang sederhana namun penuh makna. Ane sepakat dengan kalimat diatas tersebut. Sebuah ajakan bagi kita untuk mensyukuri apa yang kita miliki.
Mungkin apa yang kita miliki masih belum maksimal, tapi percaya deh Gan, kebahagiaan tidak bisa diukur dengan harta maupun tahta, tapi kebahagiaan itu diukur dengan seberapa besar rasa syukur kita dengan apa yang kita miliki.
Banyak contoh orang yang banyak hartanya, malah hidupnya gak bahagia, sering stress, hidupnya gak tenang, tiap bulan harus berobat dll,
Sebaliknya orang yang hidupnya sederhana, hidupnya tenang, banyak tawa, serasa hidupnya gak banyak masalah, padahal orang-orang seperti ini bukannya gak punya masalah, tetapi mereka bisa menyikapi masalah dengan tidak sering untuk mengeluh, intinya mereka menikmati hidup & ikhlas menjalankannya.
Kuncinya adalah: Cintai apa yang kita miliki & Nikmatilah hidup.

Kira-kira apa yang bisa kita lakukan atau hal-hal apa yang membuat kita bisa hidup bahagia setiap hari? Daftar tips berikut ini semoga bisa menjadi pengingat ane pada khususnya & kita bersama pada umumnya, sebagai upaya agar selalu berbahagia setiap hari (menurut ane Gan), hehee...

1. Bangun pagi-pagi 
Bangun lebih awal dan berjanjilah untuk merayakan hari ini dengan tidak menyia-nyiakannya sedetikpun. Lihat cahaya mentari yang menyingsing di ujung timur sana. Seperti itu juga semangat bersinar di dada & hati agan.

2. Nikmati makan 
Jangan tergesa-gesa. Cobalah sekali ini gigit dan kunyah pelah-pelan makanan yang agan makan. Dari tiap kunyahannya, rasakan betapa enak rasanya. Nikmat sekali bukan? jangan lihat makanannya Gan, tapi nikmatilah makan apapun makanan yang agan makan.

3. ACTION-kan niat agan
Punya niat sekian lama, yang tak kunjung terlaksana? ACTION-kan sekarang gan! Mungkin agan hendak mengikuti kursus bahasa Jepang atau les vokal dsb, atau mungkin sudah lama berniat untuk membuka usaha salon atau toko pakaian, ACTION-kan sekarang!

4. Selalu Berpikiran positif
Kalau agan rasa terlalu banyak dibelenggu oleh pikiran negatif, mulai sekarang coba belajarlah ber-positive thinking. Perasaaan kalau agan tidak bisa atau sering bersikap menyalahkan sesuatu misalkan, gantilah dengan sisi positif. Perbanyak isi pikiran dengan solusi, solusi dan solusi. Kuatkan dengan kata-kata motivasi.

5. Tenang
Kalau tiap harinya biasanya agan diburu waktu, cobalah hari ini agan rileks. Hirup napas dalam-dalam. Lakukan apa yang agan suka dengan santai, tanpa ada lagi yang dirasa mengejar-ngejar agan.

6. Berbagilah 
Temui orang-orang yang tak seberuntung agan. Cobalah bicara dengan mereka. Cari tahu bagaimana kehidupan sehari-hari mereka. Serta berbagilah dengan mereka. Agan pasti akan sangat bersyukur dengan keadaan agan sekarang dalam hal apapun.

7. Belajar hal baru 
Punya waktu luang lumayan panjang? Cobalah cari kegiatan baru yang bisa menambah keahlian agan. Bukan buat gagah-gagahan atau apa, tapi sebab agan memang dianugerahi kemampuan untuk terus meningkatkan diri, siapa tahu dengan kegiatan baru itu, akan dapat membuka usaha & menghasilkan uang, bener gak Gan?,,,

8. Cium tangan kedua orangtua anda
Ingat betapa besar pengorbanan orangtua agan selama ini. Sedari agan kecil sampai tumbuh dewasa seperti sekarang. Bersyukurlah memiliki orangtua yang mencurahkan segenap rasa cinta dan kasih sayangnya pada agan. Tidak ada yang memiliki cinta sebesar mereka pada agan.


9. STOP mengeluh
Bagaimanapun juga semua orang pasti punya masalah Gan, tapi jika agan hanya terus mengeluh, Ane jamin masalah agan tidak akan selesai hanya dengan mengeluh, mengeluh bukanlah solusi untuk menyelesaikan suatu masalah.
keep Fight,,,,!!

10. Senyum & Tertawalah
Ingat kapan terakhir kali agan tertawa? Mungkin gara-gara kesibukan agan yang luar biasa dahsyat, agan bahkan sampai tak sempat untuk tersenyum. Coba cari bacaan atau tontonan yang bisa melemaskan urat syaraf agan dan TERTAWALAH lepas.

11. Istirahat cukup
Agar agan punya energi cukup untuk menjalani hari agan yang menyenangkan, istirahatlah yang cukup. Ketika waktu tidur tiba, bergegaslah ke tempat tidur.

12. Beri maaf
Beri maaf orang yang berbuat salah pada agan. Jangan buat hidup agan terbebani oleh dendam. Apalagi ama orang-orang terdekat agan di rumah, baik itu kakak, adik, anak, orang tua, suami/istri.
Nikmati hidup Gan,, hehee.

13. Habis gelap pasti terang
Dalam hidup pasti ada hal-hal yang tak agan inginkan menghampiri kehidupan agan. Mungkin baru saja agan kehilangan pekerjaan agan, atau bisnis agan sedang suram. Belajarlah untuk menerimanya. Ini bagian dari hidup. Ikhlaskan. Selepas itu, kembali tegaklah berdiri. ACTION harus terus berlanjut!
Percayalah gan, hidup itu bagaikan roda yang berputar.
So,, gak ada alasan untuk tidak semangat..

14. Doa 
Panjatkan doa sepenuh hati. Segala macam ujian yang agan hadapi, serahkanlah pada-Nya. Tuhan tidak pernah tidur …
Serahkanlah semua urusan & usaha agan pada Nya.

15. Sedekah
Jangan remehkan sedekah Gan!
Selalu berbagi kebahagiaan terhadap sesama dengan sedekah.
Kita akan merasa beruntung ketika kita memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan, baik berupa harta, tenaga atau pikiran.
Disinilah Agan akan merasa bahagia saat Agan mensedekahkan sesuatu untuk orang lain yang sangat membutuhkan, dengan sedekah kita juga akan mendapatkan pahala & kebaikan disisi Nya.

Sama sekali tidak ada niat ane untuk menggurui agan semua. Tips di atas dimaksudkan sebagai pengingat buat ane sendiri. Moga bisa bermanfaat bagi agan semua.

Silakan agan kurangi atau tambahkan sesuai kecocokan hati agan. 
Tips lain boleh juga agan tambahkan dalam kotak komentar di bawah agar kita bisa belajar bersama untuk selalu hidup bahagia.

KEEP FIGHT....!





2 Komentar:

  1. makna bahagia setiap orang memang berbeda,
    sy juga bahagia trus, meskipun blum dapat jodoh
    hahaaaa hadjuuuuuh

    BalasHapus