Jumat, 23 November 2012

Sarang-sarang hewan paling menakjubkan

Sarang-sarang hewan paling menakjubkan

Sejak dulu manusia berlomba-lomba membangun bangunan yang megah yang memiliki nilai arsitektur yang tinggi. Tidak mau kalah dengan manusia, binatang pun memiliki nilai arsitektur yang tinggi dalam membangun sarangnya, bahkan keindahannya sering tidak bisa kita bayangkan bagaimana cara mereka membuatnya.

Berikut ini adalah  sarang binatang yang indah dan menakjubkan. 
Sarang-sarang ini mereka bangun dengan “tangan” mereka sendiri, tanpa bantuan ahli arsitek maupun ahli bangunan.


1. Sarang Burung Penenun
Jika diandaikan terdapat keluarga Hilton di dunia burung, tentunya burung penenun asal Afrika inilah padanannya. Sarang burung ini adalah merupakan yang terbesar di dunia dan bersifat permanen untuk ditinggali lintas generasi. Bangunan sarang mereka mirip dengan kondominium buatan manusia, setiap pasang burung memiliki "rumahnya" sendiri yang terbagi atas beberapa kamar, dan setiap rumah memiliki juga pintu masuknya sendiri di bawah. Ruangan dalam bersifat menyimpan panas sehingga digunakan pada saat malam hari, sedangkan ruangan luar yang relatif lebih dingin digunakan pada saat siang hari.


2. Sarang Bendungan Berang-Berang
Bendungan berang–berang dibuat sebagai perlindungan terhadap predator, seperti coyotes, serigala dan beruang, dan untuk memberikan kemudahan akses ke makanan selama musim dingin. Berang–berang selalu bekerja di malam hari dan produktif pembangun, membawa lumpur dan batu dengan bagian depan dipagari dengan kayu yg dipotong dengan gigi.
Karena itu, menghancurkan sebuah bendungan beaver tanpa mengeluarkan berang–berang sulit, terutama jika bendungan hilir adalah sebuah penginapan aktif. Berang–berang dapat membangun dasar seperti bendungan dalam semalam.


3. Sarang Lebah Madu
Lebah madu adalah salah satu spesies dari lebah yang membangun sarangnya dari lilin yg berasal dari nektar bunga yang lalu diproduksi menjadi lilin oleh tubuh lebah sendiri. Sarang lebah sendiri selalu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.


4. Sarang Koloni Rayap
Rayap pekerja membangun dan mempertahankan sarang koloni mereka seperti rumah. Ini adalah struktur rumit dibuat dengan menggunakan kombinasi dari tanah, lumpur, kayu yang dikunya/ selulosa, dan air liur.
Sarang Rayap terdiri dari terowongan seperti galeri yang efektif memberikan udara dan mengontrol keseimbangan CO2/O2, serta memungkinkan untuk memindahkan rayap melalui sarang.
Sarang biasanya dibangun di bawah tanah, dalam potongan-potongan kayu besar, pohon-pohon tumbang di dalam atau tinggal di puncak pohon. Beberapa spesies membangun di atas tanah, dan dapat berkembang menjadi gundukan yang menakjubkan.


5. Sarang Katak Pohon
Seperti namanya, katak ini biasanya ditemukan di tempat-tempat yang sangat sangat tinggi atau di pohon dan tumbuh-tumbuhan yang tinggi. Mereka biasanya tidak turun ke tanah, ketika bertelur mereka membangun busa pada daun dan selama hidup mereka hingga dewasa jarang sekali meninggalkan pohon.

6. Kota tikus tanah

Liang buatan tikus tanah adalah sejatinya sebuah "kota" yang dihuni oleh ribuan tikus tanah anggota koloni. Sarang mereka sangatlah terstruktur dengan terdiri dari kamar-kamar khusus untuk tidur, hibernasi di musim dingin, sampai ruang menyusui bagi anak-anak mereka. Mereka juga memiliki ruangan khusus yang berfungsi sebagai "gudang makanan" yang telah mereka kumpulkan di permukaan untuk persediaan selama musim dingin.
Sama seperti sarang rayap, sarang tikus tanah juga memiliki sistem pemanas yang canggih dengan adanya ruangan-ruangan khusus sebagai pengatur sirkulasi udara dan temperatur. Bahkan mereka juga membangun "sistem penangkal banjir" dengan membuat tanggul-tanggul di sekitar pintu masuk. Mereka juga membuat menara-menara pengintai yang digunakan untuk mengetahui jika ada bahaya atau pemangsa yang mendekat. Menara pengintai ini terbuat dari bekas galian yang mereka lakukan dan menumpuk di permukaan.


7. Sarang laba-laba terluas
Laba-laba pada dasarnya adalah hewan soliter, penyendiri. Sangat jarang ditemukan ada banyak laba-laba di satu tempat tertentu, namun apa yang ditemukan di Lake Tawakoni State Park, Texas, Amerika Serikat pada tahun 2007 yang lalu merupakan sesuatu yang luar biasa. Adalah sarang laba-laba yang terbentang selebar lebih daripada 180 meter persegi. Para ahli berpendapat hal ini terjadi saat adanya peningkatan tingkat kelembaban yang menyebabkan melimpahnya pasokan makanan laba-laba di alam liar, yang pada akhirnya menyebabkan ledakan populasi laba-laba di wilayah tersebut.
Fenomena yang sama terjadi juga di British Columbia, Canada dimana ditemukan sarang laba-laba yang terbentang seluas 24 hektar di atas sebuah perkebunan tembakau pada tahun 2002.


8. sarang Semut
Komplek sarang semut dibangun oleh banyak anggota koloni. Sarang semut dibangun di bawah tanah atau di atas pohon. Sarang semut ini dapat ditemukan di dalam tanah, di bawah batu atau kayu dan di dalam batu berongga. Bahan yang digunakan untuk pembangunan adalah tanah dan tanaman.Sarang semut selalu dijaga ketat, jadi jangan sampai mengganggunya.





dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]