Jumat, 01 Februari 2013

Negara-Negara Paling Berpendidikan Di Dunia

Negara-Negara Paling Berpendidikan Di Dunia

Tingkat kelulusan sarjana terus membaik di seluruh dunia selama ini, menurut sebuah studi ekonomi internasional di negara-negara maju, persentase orang dewasa yang setara dengan gelar sarjana, naik menjadi lebih dari 30% pada tahun 2012 lalu.  Di Amerika Serikat, kenaikan itu lebih dari 40%, yang merupakan salah satu persentase kenaikan tertinggi di dunia.

Namun, perbaikan kualitas dalam pendidikan tinggi,  lebih sulit untuk mencapai di negara-negara yang tergolong masih berkembang. 

Negara dengan ekonomi yang lebih maju telah memiliki populasi orang/masyarakat yang terdidik yang lebih banyak, sementara negara-negara maju ini terus meningkat tingkat pendidikannya,  negara berkembang justru jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan negara maju tersebut & kenaikannya pun tidak seimbang. 
Bagaimana dengan di Indonesia?
Sejauh mana masyarakat Indonesia dengan tingkat pendidikan perguruan tingginya?
Berapa persentase masyarakat Indonesia yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi? 

Sebelum membahasnya di postingan selanjutnya, mari kita lihat negara-negara dengan proporsi tertinggi orang dewasa dengan gelar sarjana nya

Mayoritas negara-negara yang menghabiskan sebagian besar anggaran nya untuk pendidikan, memiliki populasi sarjana/orang terdidik yang banyak atau dengan kata lain Negara-negara dengan tingkat orang yang berpendidikan nya banyak, cenderung menghabiskan sebagian besar anggarannya pada pendidikan. Amerika Serikat dan Kanada, sebagai negara yang masyarakatnya paling berpendidikan, menghabiskan sebagian besar anggaran negara untuk pendidikan, sebagai contoh anggaran pendidikan di Kanada adalah nomer satu dibanding dengan anggaran-anggaran lainnya & di Amerika anggaran pendidikan adalah urutan nomer 3 dibandingkan dengan anggaran lainnya (di Amerika anggaran yang paling besar adalah untuk militer).

Coba bandingkan Gan dengan anggaran pendidikan di negara kita!

Pendanaan untuk sektor  pendidikan tampaknya memiliki hubungan yang kuat dengan berapa banyak warga negara tersebut untuk melanjutkan  pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini pula yang menjadikan negara yang memiliki tingkat kelulusan sarjana & setingkat diploma nya besar, menjadikan negara ini menjadi negara yang paling maju. 

Sektor swasta di negara-negara ini juga sangat berperan, yang memberi andil dalam dunia pendidikan di negaranya hingga 15-40% dari total anggaran.

Inilah 10 negara yang paling berpendidikan di dunia.


1. Kanada
> Persentase populasi dengan pendidikan tinggi: 51%
> GDP per kapita: $ 39,050 

Kanada adalah satu-satunya negara di mana lebih  setengahnya dari semua orang dewasa memiliki pendidikan tinggi atau memiliki gelar sarjana.  

Negara ini juga mendapat predikat sebagai negara yang paling terdidik di dunia. Kanada telah berhasil menjadi pemimpin dunia dalam masalah pendidikan dengan memimpin juga dalam hal belanja pemerintah dalam bidang pendidikan. Anggaran untuk pendidikan di negara ini adalah mayoritas dibanding dengan anggaran-anggaran yang lainnya. Negara ini menghabiskan 6-7% dari total PDB untuk biaya pendidikan, dari persentase tersebut, sebagian besar diperuntukkan oleh perguruan tinggi.


2. Israel
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 46%
> GDP per kapita: $ 26,531 

Israel menghabiskan 7,2% dari PDB pada lembaga-lembaga pendidikan/perguruan tingkat tinggi. Selain itu, pendidikan prasekolah  menjadi bebas biaya di tahun 2012,  pemerintah Israel menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini dikaitkan dengan kinerja yang lebih baik di kemudian hari, makanya anak-anak di usia pra sekolah sudah mulai diperhatikan pendidikannya, karena  di sekolah lah mereka mempunyai harapan untuk generasi mendatang.
Tak heran karena Israel mempunyai ambisi untuk menguasai dunia. Hampir semua warga Israel adalah mereka yang mempunyai gelar sarjana atau melanjutkan jenjang pendidikannya ke perguruan tinggi.


3. Jepang
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 45%
> GDP per kapita: $ 33,785 

Pada tahun 2009, Jepang menghabiskan 1,6% dari PDB untuk pos pendidikan tinggi atau perguruan tinggi setara. Meskipun pengeluaran nya relatif sedikit dibandingkan dengan negara lainnya, negara ini masih memiliki tingkat kelulusan pendidikan setingkat SMA sebanyak 96% yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Setiap tahun anggaran ini terus bertambah seiring dengan perkembangan jaman & teknologi, tak heran kalau negara Jepang selalu melahirkan teknologi-teknologi baru yang lebih canggih.


Baca: Sejarah Bangsa Jepang Disini


4. Amerika Serikat
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 42%
> GDP per kapita: $ 46,548 

Meskipun AS adalah salah satu dari  beberapa negara di mana lebih dari 40% dari penduduknya memiliki pendidikan tinggi, sistem pendidikan di negara ini bukanlah tanpa masalah. Di antara kekhawatiran tersebut, tingkat kelulusan untuk siswa menengah tingkat atas yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi  hanya 77%, jauh di bawah nilai rata-rata yang ditetapkan untuk menjadi sebuah negara yang berpredikat negara yang berpendidikan yaitu 84% . Meskipun tingkat kelulusan relatif rendah, AS merupakan salah satu pemboros dana terbesar pada pendidikan, dengan pengeluaran yang terkait setara dengan 7,3% dari PDB,  AS juga pemboros dana terbesar di dunia pada bidang pendidikan tinggi yaitu sebesar 2,6% dari PDB. Sebagian besar dana untuk pendidikan tinggi tersebut adalah dari pemerintah yaitu  1,6% dari PDB, sisanya berasal dari sumber-sumber swasta.



5. Selandia Baru
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 41%
> GDP per kapita: $ 29,711 

Negara dengan populasi yang kecil ini  memiliki sistem pendidikan negara yang baik. Jumlah orang dengan pendidikan setara perguruan tinggi atau perguruan tinggi meningkat dari 29% di tahun 2010 menjadi 41% di tahun 2012 . Negara ini juga telah menjadi tujuan pilihan pendidikan bagi siswa internasional atau dari luar negeri,  mahasiswa yang berasal dari luar negeri di Selandia baru  tercatat sebesar 14,2% dari total mahasiswa perguruan tinggi yang menimba ilmu di negara ini. 
Selandia Baru juga merupakan pemimpin dalam hal mendidik para ilmuwan.


6. Korea Selatan
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 40%
> GDP per kapita: $ 28,797 

Di tahun 2010, persentase warga Korea Selatan dengan jumlah orang yang mempunyai pendidikan tinggi  meningkat dari 24% menjadi 40% di tahun 2012. Banyak warga Korea melakukan investasi dalam  jumlah yang besar terhadap pendidikan. Pihak swasta di negeri ginseng ini turut andil untuk memberikan konstribusi di bidang pendidikan di semua tingkat/jenjang pendidikan . Lihat saja Gan di Korea Selatan, konstribusi pihak swasta terhadap dunia pendidikan adlah sebesar 3,1% dari PDB, 1,9% diantaranya di peruntukan untuk perguruan tinggi. 
Saat ini negara ini diprediksi akan menjadi negara raksasa dengan kekuatan ekonomi yang hebat, hal ini terjadi salah satunya dengan dunia pendidikan yang sangat diperhatikan oleh negara ini.

Baca Ulasan Tentang Negara Korea: Disini


7. Inggris
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 38%
> GDP per kapita: $ 35,756 

Persentase penduduk Inggris dengan pendidikan tinggi adalah sebesar 38%. 

Universitas - universitas di negara ini juga populer di kalangan para mahasiswa dari negara-negara lain. Mahasiswa internasional yang menimba ilmu di Inggris adalah sebanyak 16% . 
Pihak swasta memberi andil sebesar 31% dalam masalah penyediaan perguruan-perguruan tinggi di negara ini. 
Meskipun biaya perguruan tinggi di Inggris terbilang mahal, namun tidak mengurung kan masyarakatnya untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi.


8. Finlandia
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 38%
> GDP per kapita: $ 36,307 

Finlandia menghabiskan 6,4% dari produk domestik bruto nya pada pendidikan, dengan 97,6% dari dana tersebut berasal dari sumber-sumber publik. Tingkat lulusan sekolah menengah terus meningkat walaupun dengan persentase yang sedikit. Sementara jumlah orang dengan pendidikan tinggi juga meningkat. 

Tingkat pengangguran sebesar hampir 13%,  sebagian besar adalah berasal dari masyarakat Finlandia yang tidak mempunyai gelar sarjana atau tidak melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi.

9. Australia
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 38%
> GDP per kapita: $ 40,790 

Australia adalah tujuan pilihan bagi siswa internasional, hal ini  tidak mengejutkan.

Menurut data pemerintah Australia, bahwa siswa yang berasal dari luar negeri adalah sebesar 21,2% dari seluruh mahasiswa perguruan tinggi di negara itu, termasuk para mahasiswa dari Indonesia yang jumlahnya sangat banyak.  Mencari pekerjaan di negeri tersebut bukanlah hal yang sulit, apalagi bagi mereka yang mempunyai gelar sarjana. Negara ini memiliki tingkat pengangguran hanya 2,3% pada tahun 2012 untuk pekerja dengan gelar tersier.


10. Republik Irlandia
> Pct. populasi dengan pendidikan tinggi: 37%
> GDP per kapita: $ 40,478 

Setiap tahun nya persentase orang dengan gelar sarjana atau yang mempunyai pendidikan tinggi di negara ini terus meningkat, peningkatan terbesar nya menyentuh angka 7,3%.

Tingkat lulusan sekolah menengah atas yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi juga terus naik hingga mencapai 94%  persen
Pendidikan telah menjadi sangat penting bagi para pencari kerja, apalagi untuk para pencari  kerja laki-laki di  negara ini.







Dari berbagai sumber

1 Komentar:

  1. Nice blog... Kunjungan balik.. Salam semoga sukses selalu..

    BalasHapus