Kamis, 31 Januari 2013

Tips Pertahankan Suatu Hubungan

Tips Pertahankan Suatu Hubungan

Sebuah hubungan percintaan tidak akan selamanya berjalan mulus dan tanpa kendala Gan, betul kan?? Ane sering mengalami banyak pertengkaran Gan,
Tapi kita selalu bisa menyelesaikan masalah tersebut. 
Ada kalanya sebuah hubungan akan mengalami masalah, yang ujung-ujungnya ribut atau berantem. 
Hal tersebut bisa terjadi oleh beberapa faktor seperti komunikasi, keuangan, keluarga de el el. Hal tersebut akan mengancam kelangsungan hubungan Agan. Bila ingin tetap bertahan dan melewati situasi tersebut, banyak cara yang bisa Agan lakukan bersama orang yang Agan sayangi. 
Hal-Hal tersebut diantaranya adalah seperti berikut,

1. Mencari Akar Dari Permasalahan
Ketika Agan sedang bertengkar hebat dengan pasangan, cobalah untuk mencari tahu akar dari permasalahan tersebut, mengapa pertengkaran bisa terjadi. Mencari akar dari permasalahan akan mempermudah Agan untuk menyelesaikan masalah. 
Banyak faktor yang bisa menyebabkan suatu pertengkaran, jadi Agan harus segera mencari tahu di manakah letak kesalahan yang menimbulkan pertengkaran tersebut.

2. Tanya ke Diri Sendiri
Jangan selalu menyalahkan pasangan Agan, ketika ada suatu masalah.
Cobalah untuk membiasakan bertanya kepada diri sendiri, apakah Agan sudah melukai hatinya dengan sikap atau dengan kata-kata Agan.
Tanya juga pada diri Agan sendiri, apakah Agan telah melakukan hal yang benar untuk hubungan yang Agan jalani.
Hubungan yang baik adalah dimana Agan bersama pasangan Agan selalu ekstrospeksi diri sendiri sebelum menyalahkan kepada pasangannya.

3. Saling Bertukar Pikiran
Sering lah meluangkan waktu yang tepat di mana Agan bisa berkomunikasi dengan tenang bersama pasangan Agan tanpa ada gangguan apapun dari aktivitas sehari-hari, komunikasi ini agar dapat saling bertukar pikiran. Ungkapkan segala hal yang ada di dalam pikiran masing-masing secara jujur, berilah kesempatan bagi pasangan untuk mengungkapkan isi hatinya. Saling mendengarkan dan menghargai satu sama lain harus dilakukan, walaupun memang terkadang ada kata-kata yang menyakitkan.
Ingatlah untuk selalu menerima kritik atau masukan yang baik dari pasangan Agan.

4. Berargumentasi Bukan dengan Saling Berteriak
Argumentasi boleh-boleh saja asalkan bukan dilakukan dengan nada suara yang tinggi atau kata-kata yang menjurus kasar. Nada suara yang meninggi atau yang mengandung konfrontasi akan membuat suasana menjadi semakin panas. Bicarakan saja baik-baik dengan pasangan tanpa harus saling bicara kasar dan marah-marah.

5. Mencari Tahu Bagaimana Cara Menyelesaikannya
Setelah Agan mencari tahu akar dari permasalahan dan bertukar pikiran satu sama lain, kini saatnya untuk mencari tahu bagaimana cara menyelesaikan masalahnya. Pastikan kedua belah pihak bekerja sama untuk menyelesaikan masalah, kalau perlu Agan meluangkan waktu komunikasi untuk membuat rencana agar masalah terselesaikan. Jika komunikasi adalah akar dari permasalahannya, cobalah untuk meluangkan waktu paling tidak 15 menit untuk berbicara satu sama lain dan saling mendengarkan satu sama lain. Sekali lagi hindari argumentasi yang kasar.

6. Belajar untuk Memperbaiki
Setelah Agan dan pasangan Agan sudah mengetahui bagaimana cara menyelesaikan masalah, cobalah untuk melakukan apa yang Agan sudah rencanakan bersama agar tidak terjadi pertengkaran lagi. Pastikan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

7. Saling Memaafkan Satu Sama Lain
Setelah Agan berhasil menyelesaikan masalah dengan pasangan Agan, jangan lupa untuk memaafkan satu sama lain. Buatlah suasana jadi menyenangkan yaitu dengan mengganti topik yang di argumentasi kan ke topik yang sama sekali tak berhubungan, lalu bercanda, memberi sentuhan lembut dan memberi dukungan satu sama lain.





0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]