Senin, 04 Februari 2013

Pemimpin Negara Terburuk Di Dunia

Pemimpin Negara Terburuk Di Dunia

Mungkin Agan-Agan pernah  mendengar para penguasa atau pemimpin suatu bangsa yang memupus harapan rakyatnya dan menjadikan preseden baru yang buruk untuk generasi berikutnya. Namun, tidak banyak data yang ada untuk menguatkan sejarah tentang para pemimpin/penguasa tersebut. Para penguasa atau raja-raja tersebut menjadi korban keserakahan diri mereka sendiri, rencana yang ambisius atau hanya sekedar biaya hidup yang berlebihan untuk bermewah-mewahan, kejam, bengis, Kadang-kadang itu hanya ego yang menjadikan kejatuhan mereka sendiri. 
Berikut beberapa raja/pemimpin terburuk dalam sejarah, menurut Ane Gan,

Kaisar Romawi Caligula
Dia mulai menghabiskan uang pada struktur arsitektur berlebihan, puncaknya saat kaisar ini memerintahkan untuk membangun sebuah jembatan dengan model yang aneh sepanjang 3 mil, uang kerajaan habis untuk membangun jembatan ini walau sampai akhirnya jembatan tersebut tidak pernah selesai.
Gaius Iulius Caesar Germanicus Caligula (31 Agustus 12 –  24 Januari 41), atau juga dikenal sebagai Gaius Caesar atau Caligula, adalah seorang Kaisar Romawi. Ia mulai naik takhta pada tahun 37 sampai dibunuh seorang serdadu pada tahun 41. Masa pemerintahannya yang pendek ditandai dengan kekejaman yang luar biasa. Sayangnya masa pemerintahannya juga salah satu masa pemerintahan yang kurang di dokumentasi kan.
Pada masa hidupnya, Caligula sangat-sangat mencintai adik kandungnya Drusilla, selain kuda yang juga dibawa tidur olehnya, dan diberikan sebuah kamar yang sangat mewah. Caligula juga memerintah dengan sangat kejam, dimana dia membunuh semua orang yang hanya dalam taraf dicurigainya.
Kaisar Caligula juga pernah memerintahkan untuk  mengambil abu ibunya dan diarak pada sebuah kereta mengelilingi kota Roma, kemudian dari prosesi tersebut ia memerintahkan untuk membuat koin-koin dari emas sebagai acara kenang-kenangan kerajaan.

Kaisar Romawi Nero
Kekuasaan Nero sering berhubungan dengan tirani dan kekejaman. Ia telah melakukan beberapa eksekusi, termasuk ibunya dan saudara kandung adopsinya, dan juga kaisar yang "membakar Roma" dan pembunuh Kekristenan awal. Penglihatan ini dilihat berdasarkan referensi dari Tacitus, Suetonius dan Cassius Dio.

Nero Claudius Caesar Augustus Germanicus (15 Desember 37 – 9 Juni 68), lahir Lucius Domitius Ahenobarbus, juga disebut Nero Claudius Caesar Germanicus, adalah kaisar Romawi kelima dan terakhir dari dinasti Julio-Claudian. Nero diadopsi oleh pamannya, Claudius untuk menjadi penerus tahtanya. Ia naik tahta pada tanggal 13 Oktober 54 karena kematian Claudius.
Nero berkuasa dari tahun 54 sampai tahun 68, yang fokus lebih besar dengan diplomasi, perdagangan, dan meningkatkan budaya ibukota kekaisaran. Ia memerintahkan pembangunan teater dan permainan atletik. Kekuasaannya juga berhasil memenangkan perang dan berdamai dengan kekaisaran Parthian (58–63) dan menambah tali hubungan diplomasi dengan Yunani. Pada tahun 68, kudeta militer menurunkan Nero. Ia akan menghadapi eksekusi, dan ia dilaporkan bunuh diri.

Kolonel Muammar Khaddafi
Muammar Abu Minyar al-Qaddafi (lahir di Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942 – meninggal di Sirte, 20 Oktober 2011 pada umur 69 tahun)  Muammar Khaddafi adalah penguasa otokratis de facto Libya dari tahun 1969 sampai 2011, setelah merebut kekuasaan dalam sebuah kudeta militer. Sebagai hasil dari perang saudara Libya terbentuklah Dewan Transisi Nasional (NTC). Kekuasaan Khaddafi semakin tergerus dengan pengakuan domestik dan internasional terhadap NTC. 

Dia menghapuskan Konstitusi Libya tahun 1951 dan menerapkan undang-undang berdasarkan ideologi politiknya. Kekuasaan yang hampir 42 tahun telah menempatkannya menjadi penguasa terlama sebagai pemimpin non-kerajaan keempat sejak tahun 1900 dan terlama sebagai pemimpin penguasa Arab. Dia menyebut dirinya sebagai 'the Brother Leader', 'Guide of the Revolution', dan 'King of Kings (Raja segala raja).
Setelah berhasil merebut kekuasaan, Khaddafi mulai menghilangkan oposisi dan kehidupan warga Libya menjadi dibatasi. Ideologi Khaddafi disebut Teori Internasional Ketiga yang dijelaskan dalam Buku Hijau. Keluarga Khaddafi mengambil alih sebagian besar perekonomian Libya. Khaddafi menggunakan miliaran pendapatan minyak untuk proyek-proyek internasional.

Pol Pot 
Saloth Sar (lahir 19 Mei 1928 – meninggal 15 April 1998 pada umur 69 tahun), lebih dikenal sebagai Pol Pot, adalah pemimpin Khmer Merah dan Perdana Menteri Kamboja dari 1976 hingga 1979. Pemerintahannya banyak disalahkan untuk kematian sekitar dua juta warga Kamboja, meski perkiraan jumlahnya beragam.
Pada tahun 1949 Ia memenangkan beasiswa untuk mempelajari teknik radio di Paris. Dalam masa tersebut, dia menjadi seorang komunis dan bergabung dengan Partai Komunis Perancis. 
Pada tahun 1975 Ia menggulingkan pemerintahan dukungan Amerika, kemudian memproklamirkan "Tahun Nol".
Kekuasaannya berakhir pada tahun 1979.

Benito Mussolini
Benito Amilcare Andrea Mussolini (lahir 29 Juli 1883 – meninggal 28 April 1945 pada umur 61 tahun) adalah seorang diktator Italia yang menganut Fasis. Ia adalah diktator Italia pada periode 1922-1943. Ia dipaksa mundur dari jabatan Perdana Menteri Italia pada 28 Juli 1943 setelah serangkaian kekalahan Italia di Afrika. Setelah ditangkap, ia diisolasi. Dua tahun kemudian, ia dieksekusi di Como, Italia utara. Mussolini mengakhiri sebuah dekade seperti di Jerman yang dilakukan diktator Adolf Hitler dengan Nazi-nya.
Gebrakan pertamanya setelah memegang kekuasaan pada Oktober 1922, adalah menyerang Ethiopia dengan merujuk pada pandangan rasis Charles Robert Darwin, "Ethiopia bangsa kelas rendah, karena termasuk kulit hitam. Jika diperintah oleh ras unggul seperti Italia, itu sudah merupakan akibat alamiah dari evolusi." Bahkan ia bersikeras bahwa bangsa-bangsa berevolusi melalui peperangan. Sehingga jadilah Italia waktu itu salah satu bangsa yang ditakuti sepak terjangnya.
Pada masa Mussolini Italia menganut paham Fasisme yang dilahirkan oleh sang diktator ini pada tahun 1919.

Hastings Kamuzu Banda
Hastings Kamuzu Banda adalah penguasa Malawi yang berkuasa pada tahun 1966-1994, jabatannya adalah  sebagai perdana menteri. Dia menyatakan bahwa Malawi hanya memiliki "satu partai" negara pada tahun pertama berkuasanya yaitu tahun 1966. Ia memecat orang di sekitarnya yang mencoba untuk memberi masukan atau nasihat. Banyak lawan-lawan politiknya melarikan diri ke pengasingan. Banda terkenal karena memiliki hubungan diplomatik dengan Apartheid era Afrika Selatan. Majelis Nasional menanggalkan semua kekuasaan pada tahun 1993. Dia meninggal empat tahun kemudian.

Ariel Sharon
Ariel Sharon lahir 27 Februari 1928, adalah seorang politikus dan jenderal Israel.

Ia menjabat sebagai Perdana Menteri Israel dari 7 Maret 2001 hingga 14 April 2006. Kekuasaannya sebagai perdana menteri kemudian digantikan oleh Perdana Menteri (sementara) Ehud Olmert karena ia terkena serangan stroke pada Januari 2006 sampai sekarang. Ia mengalami koma dalam waktu yang lama, sehingga tidak memungkinkan untuk dapat kembali menjalankan tugas-tugas sebagai pemimpin pemerintahan.
Ia lahir di Kfar Malal (Mandat British Palestina) dan tampil sebagai pemimpin politik serta militer berkebangsaan Israel. Sharon juga pernah menjadi pemimpin Likud, partai terbesar dalam koalisi pemerintah dalam parlemen Israel, Knesset, hingga ia mengundurkan diri dari partai tersebut pada 21 November 2005. Ia kemudian membentuk partai baru bernama Kadima.
Selama tiga puluh tahun Sharon berdinas sebagai anggota Angkatan Bersenjata Israel. Pangkat tertingginya adalah Mayor Jenderal. Ia menjadi terkenal di Israel karena keterlibatannya dalam Perang Enam Hari pada tahun 1967 dan Perang Yom Kippur pada tahun 1973.
Ariel Sharon juga bertanggung jawab pada tragedi pembantaian Qibya pada 13 Oktober 1953 di mana saat itu 96 orang Palestina tewas oleh Unit 101 yang dipimpinnya dan pembantaian Sabra dan Shatila di Libanon pada 1982 yang mengakibatkan antara 3.000 - 3.500 jiwa terbunuh, sehingga ia dijuluki sebagai 'Tukang Jagal dari Beirut.
Banyak lagi kejahatan-kejahatan Ariel Sharon, terutama di bumi Palestina.

Idi Amin Dada
Idi Amin Dada telah digambarkan sebagai "Penjagal dari Uganda" Salah satu diktator dunia yang paling terkenal, Idi Amin adalah Presiden ketiga Uganda yang memerintah pada 25 Januari 1971-13 April 1979. 
Idi Amin lahir sekitar tahun 1924-1928 (17 Mei 1928 ?) di Koboko, distrik Nil Barat terkecil di Uganda, negeri kecil yang subur di tepi Danau Victoria, mata air sungai Nil
Ia bergabung dengan resimen kolonial Inggris pada tahun 1946 dan akhirnya naik ke peringkat Mayor Jenderal. Idi Amin merebut kekuasaan dalam kudeta militer tahun 1971 mengusir Milton Obote.

Mobutu Sese Seko
Mobutu Sese Seko Kuku Ngbendu wa za Banga (14 Oktober 1930 – 7 September 1997), dikenal juga dengan Mobutu, atau Joseph Mobutu-Sese Seko, terlahir Joseph-Désiré Mobutu, adalah Presiden Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo) selama 32 tahun (1965 – 1997). Ia menjadi paling berkuasa setelah sebuah peristiwa kudeta.
Selama memerintah , Ia mengumpulkan kekayaan pribadi yang sangat besar. 
Dia menambahkan "Nkuku Ngbendu wa Za Banga" untuk namanya yang secara harfiah berarti "prajurit yang maha kuasa, karena daya tahan dan fleksibel kemauannya untuk menang, akan pergi dari satu penaklukan ke penaklukan lainnya meninggalkan api di belakangnya". 
Ia digulingkan dalam Perang Kongo Pertama dan meninggal di pengasingan.

Adolf Hitler
Adolf Hitler (20 April 1889 – 30 April 1945) adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi (bahasa Jerman:Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) atau Partai Pekerja Jerman Sosialis, kelahiran Austria. Ia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945. Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Hitler adalah veteran Perang Dunia I dengan banyak gelar. Ia bergabung dengan Partai Pekerja Jerman (pendahulu NSDAP) pada tahun 1919, dan menjadi ketua NSDAP tahun 1921. Tahun 1923, ia melancarkan kudeta di Munich yang dikenal dengan peristiwa Beer Hall Putsch. Kudeta yang gagal tersebut berujung dengan ditahannya Hitler. Di penjara, Hitler menulis memoarnya, Mein Kampf (Perjuanganku). Setelah bebas tahun 1924, Hitler mendapat dukungan rakyat dengan mengecam Perjanjian Versailles dan menjunjung Pan-Jermanisme, antisemitisme, dan anti-komunisme melalui pidatonya yang karismatik dan propaganda Nazi. Setelah ditunjuk sebagai kanselir pada tahun 1933, ia mengubah Republik Weimar menjadi Reich Ketiga, sebuah kediktatoran satu partai yang didasarkan pada ideologi Nazisme yang totalitarian dan otokratik.
Tujuan Hitler adalah mendirikan Orde Baru hegemoni Jerman Nazi yang absolut di daratan Eropa. Sampai saat itu, kebijakan luar dan dalam negerinya bertujuan mencapai Lebensraum ("ruang hidup") bagi kaum Jermanik. Ia memerintahkan Jerman dipersenjatai kembali dan Wehrmacht menginvasi Polandia pada bulan September 1939, menyebabkan pecahnya Perang Dunia II di Eropa. Di bawah pemerintahan Hitler, pada tahun 1941 pasukan Jerman dan sekutu Eropanya menduduki sebagian besar Eropa dan Afrika Utara. Tahun 1943, Jerman terpaksa bertahan diri dan mengalami serangkaian kekalahan dalam pertempuran. Pada hari-hari terakhir perang, saat Pertempuran Berlin berlangsung tahun 1945, Hitler menikahi kekasih lamanya, Eva Braun. Tanggal 30 April 1945, kurang dari dua hari kemudian, keduanya bunuh diri agar tidak ditangkap Angkatan Darat Merah, lalu mayat mereka dibakar.
Kebijakan Hitler yang supremasis dan termotivasi oleh ras mengakibatkan kematian sekitar 50 juta orang selama Perang Dunia II, termasuk 6 juta kaum Yahudi dan 5 juta etnis "non-Arya" yang pemusnahan sistematisnya diperintahkan oleh Hitler dan rekan-rekan terdekatnya.





Dari berbagai sumber