Sabtu, 06 April 2013

Mengajarkan & Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Balita

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Balita

Kecerdasan bahasa (linguistik) adalah kemampuan si Kecil untuk menggunakan kata dan bahasa (baik bahasa ibu maupun bahasa lain), mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya ke dalam kata-kata dan memahami orang lain. Kecerdasan ini meliputi kemampuan berbahasa tulisan dan lisan yang diperlukan si Kecil agar dapat berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis.

Bila kecerdasan bahasanya lebih menonjol, maka si Kecil tumbuh sebagai seorang anak yang senang bercerita dan bertanya. Lalu bagaimana cara mengoptimalkan kemampuan si kecil dalam berbahasa & berbicara? Berikut hal-hal yang bisa Kita lakukan bersama si Kecil :

Membacakan cerita, dongeng / puisi
Hal ini bisa kita lakukan di sela-sela waktu bermain bersama si Kecil, atau bisa juga menjelang tidur. Sumber cerita bisa dari buku, majalah atau kejadian sehari-hari.
Saat si kecil dengan seksama mendengarkan cerita tersebut, maka kosa kata si kecil akan bertambah.
Lakukan hal ini sesering mungkin, disamping akan menambah kecerdasan bahasa si kecil, hal ini juga bermanfaat untuk lebih menguatkan ikatan batin dengan si kecil.

Mengajak berbicara 
Dalam setiap kesempatan berinteraksi, ajaklah si Kecil berbicara. Komunikasikan apa yang sedang kita lakukan. Ajak si kecil ngobrol ketika kita sedang memandikan, menyuapi, memakaikan baju, atau menyiapkan susunya.
Contoh yang kecil seperti ini
”Nah sekarang Ibu akan memasukkan 3 sendok susu bubuk ini ke dalam cangkir"
Lalu kita bisa memancing si Kecil dengan bertanya:
”Setelah ini kita tuangkan apa ya ke dalam cangkirmu?”.
Intinya sertakan obrolan obrolan ringan dengan si kecil di segala aktifitas bersama si kecil. Walau si kecil belum mengerti, tapi hal ini akan lebih menambah kemampuan si kecil dalam berbicara & menambah perbendaharaan katanya.

Mengenalkan huruf dan kata
Banyak cara yang menyenangkan untuk mengenalkan huruf dan kata kepada si Kecil. Salah satunya adalah dengan memberi nama benda-benda yang ada di kamar si Kecil. Tuliskan dalam sehelai kertas putih, misalnya KURSI, dengan ukuran huruf yang cukup besar, lalu tempel kertas ini di bagian punggung kursi yang ada di meja si Kecil. Lakukan hal yang sama terhadap benda lain yang ada di kamar si Kecil, seperti LEMARI, PINTU, dll. Melihat benda dan nama yang tercantum di benda tersebut, akan memudahkan si Kecil untuk mengenal huruf dan kata.

Memperdengarkan bunyi 
Lirik dalam lagu memang akan memperkaya perbendaharaan kata-kata si Kecil. Kita bisa Perdengarkan lagu anak-anak kepada si kecil, bisa dalam bahasa Indonesia maupun bahasa lain.
Lebih bagus lagi jika si kecil sudah dibiasakan mendengarkan ayat-ayat suci Al-Quran.
Karena memperdengarkan ayat-ayat suci Al Quran sejak dini lebih bagus dibandingkan dengan memperdengarkan alunan musik, meskipun itu adalah lagu lagu klasik, yang sering dikatakan banyak orang.
Pengan dengan diperdengarkannya alunan ayat ayat suci Al Quran Kemampuan otak si kecil juga akan bertambah bagus dibandingkan dengan alunan musik.

Merekam suara
Hampir semua jenis gadget saat ini telah dilengkapi dengan perangkat perekam suara. Rekamlah percakapan kita saat bersama si kecil, lalu dengarkan bersama-sama hasil rekaman tersebut.
Hal ini juga akan membantu pengenalan bahasa untuk si kecil.
Ketika si kecil dengan seksama mendengarkan suara dari rekaman tersebut dengan sekali kali bereaksi dengan suara tersebut, maka si kecil sudah bisa mencerna bahasa dari suara tersebut.




0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]