Senin, 16 Desember 2013

Perawatan Untuk Mengurangi Masalah Bau Mulut

Perawatan Untuk Mengurangi Masalah Bau Mulut

Masalah bau mulut adalah masalah yang cukup serius bagi sebagian orang yang aroma mulutnya sangat tajam menusuk hidung orang-orang yang berada di sekitarnya. Orang yang puasa biasanya mulutnya akan bau tidak enak, namun hal ini wajar-wajar saja. Lain halnya jika bau mulut terjadi secara permanen tentu akan memberikan dampak atau citra yang negatif.

Bau mulut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang jadi tidak percaya diri (pede) dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan, dan lain sebagainya. Di samping itu bau mulut juga dapat ditimbulkan dari adanya lubang pada gigi, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi / karies, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda terjadinya bau mulut biasanya adalah akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti alir liur kental, mulut kering dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil inisiatif menjauh / mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang akan komplain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari mulut kita.


Ketika melakukan ibadah puasa, seseorang akan lebih rentan terkena bau mulut yang tidak sedap dihidung dikarenakan adanya pengurangan produksi air liur yang dapat membuat mulut menjadi kering / xerostomia. Akibatnya jumlah oksigen di dalam mulut akan berkurang. Bakteri anaerob dapat berkembang biak di dalam mulut tanpa oksigen yang memecah asam amino dan menghasilkan gas sulfur yang membuat mulut tidak sedap baunya.
Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam mulut Anda. 
Bau mulut ini mampu membuat tingkat kepercayaan diri Anda menurun. Untuk menghilangkan bau mulut ini, Anda dapat melakukan beberapa perawatan yang mudah untuk Anda lakukan sendiri di rumah.

Berikut adalah cara untuk menghilangkan bau mulut dengan perawatan yang mudah.

Berkumur dengan cuka sari apel
Cuka sari apel memiliki sifat asam yang efektif untuk menyembuhkan bau mulut. Anda dapat menambahkan satu sendok cuka sari apel ke segelas air sebelum Anda mengkonsumsi makanan.

Ganti konsumsi kopi dengan teh hijau atau teh hitam
Teh hijau dan teh hitam mengandung polifenol yang merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu gantilah konsumsi kopi Anda dengan teh yang mampu menyingkirkan bau mulut.

Sikat lidah Anda secara teratur
Selain gigi dan gusi, lidah juga dapat menjadi tempat bertumbuhnya bakteri penyebab bau mulut. Gunakan pembersih lidah untuk membersihkan lidah Anda secara teratur. 

Kunyahlah beberapa jenis rempah-rempah
Beberapa jenis rempah-rempah mampu menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut seperti cengkeh dan kayu manis. Cengkeh mampu membuat nafas Anda menjadi segar sedangkan kayu manis mengandung aldehida sinamat, sejenis minyak esensial yang bermanfaat untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Tambahkan baking soda ke pasta gigi Anda
Menambahkan baking soda ke dalam pasta gigi mampu mengubah tingkat pH di dalam mulut Anda. Anda juga dapat mencampur baking soda ke dalam segelas air hangat untuk berkumur.

Bau mulut tidak hanya mengganggu diri Anda, namun juga orang lain. Oleh karena itu hilangkan bau mulut dengan cara mudah di atas.



dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]