Minggu, 12 Januari 2014

Kecelakaan Kapal Terdahsyat Di Dunia


 
Kecelakaan Kapal Terdahsyat Di Dunia

Kecelakaan menyebabkan tenggelamnya kapal terjadi hampir saban tahun.
Tak terhitung jumlah kapal yang karam atau malah hilang tidak terdeteksi oleh radar.
Banyak penyebab terjadinya kapal karam namun sebagian besar lantaran tabrakan dengan karang atau dengan kapal lain.
Salah satu kecelakaan tersohor dalam sejarah yakni kapal pesiar pertama di dunia Titanic yang menabrak gunung es yang di dalamnya membawa sekitar 2.000 orang dan 1.519 diantaranya tewas dalam tragedi nahas tersebut. Hanya sedikit dari mereka yang bisa bertahan hidup.
Ternyata berdasarkan jumlah korban, Titanic bukan satu-satunya kecelakaan kapal yang menewaskan banyak penumpang. Dilansir dari situs oddee.com, lima kecelakaan kapal yang akan kita bahas ini lebih mematikan dan pastinya memakan lebih banyak memakan korban jiwa.

Kecelakaan Kapal mana saja yang menyebabkan korban jiwa terbanyak tersebut? Berikut ulasannya Gan;

1. Kapal Wilhem Gustloff
Ini kecelakaan kapal dalam sejarah perlautan dunia. Kapal Jerman ini tenggelam di Lautan Baltik dan karam dalam waktu kurang dari 45 menit. Peristiwa itu terjadi pada Januari 1945.
Kapal itu ditumpangi oleh warga sipil, personel militer, dan pejabat Partai Nazi yang tengah dievakuasi. Saat tengah berlayar mereka dikelilingi tentara merah Prusia Timur yang melancarkan tiga torpedo menghantam sisi kanan kapal.
Sekitar 9.400 orang tewas dan kerugian tak ternilai taksirannya.


2. Kapal Goya
Kapal Goya merupakan transportasi milik Jerman dan tenggelam pada April 1945. Kapal ini dihantam torpedo oleh kapal selam milik Uni Soviet di Laut Baltik pada Perang Dunia II. Transportasi ini langsung karam hanya dalam waktu tujuh menit dan menewaskan hampir semua penumpang dan awak di dalamnya.
Kondisi Laut Baltik saat itu juga saat dingin sehingga mereka yang ada di air bisa mati sebab suhu tubuh mendadak turun (hipotermia). Menurut laporan, hampir 90 persen kapal mengangkut perempuan dan anak-anak.
Total korban yakni 6.100 orang menurut catatan dokumentasi perjalanan. Ini belum termasuk penumpang gelap diperkirakan jumlahnya lebih banyak lagi. Peristiwa tenggelamnya Kapal Goya menjadi kecelakaan kapal terbesar nomor dua sejagat.


3. Kapal Dona Paz
Kapal feri penumpang di Filipina tenggelam pada 20 Desember 1987, penyebabnya adalah karena kapal feri tersebut menabrak kapal Vector yang mengangkut 8.800 barel bensin. Akibatnya kapal terbakar dan karam dalam waktu singkat. Peristiwa ini terjadi di malam hari di mana sebagian penumpang tengah terlelap.
Penumpang yang masih terjaga segera melompat dari kapal lantaran api menyebar dengan cepat. Menurut catatan korban tewas mencapai angka 4.375 orang. Ini kecelakaan kapal terbesar yang terjadi bukan karena perang.


4. Kapal Lancastria
Kapal Lancastria milik Inggris ini dikomandoi oleh pemerintah Britania selama Perang Dunia II. Pada 17 Juni 1940 kapal ini tenggelam lantaran kelebihan muatan.
Ini kecelakaan tunggal kapal terbesar dalam sejarah Negeri Tiga Singa tersebut. Bencana ini bahkan disebut-sebut lebih parah dan kerugiannya lebih besar dari karamnya kapal Titanic.
Sekitar 4.000 orang hilang dan diperkirakan telah tewas dalam kejadian ini.

 
5. Kapal Mont Blanc
Kapal kargo Mont Blanc milik Prancis ini meledak saat berlayar membawa amunisi perang ke Halifax Harbour di Kanada pada 6 Desember 1917. Kapal ini bertabrakan dengan kapal perang Norwegia Imo.
Tabrakan itu membuat ledakan besar dan kebakaran hebat. Tak sampai 20 menit seluruh amunisi ikut meledak bahkan menghancurkan Kota Halifax dan pelabuhannya.
Tercatat 2.000 orang tewas dalam kejadian ini.



Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]