Jumat, 10 Januari 2014

Tempat-Tempat Terkering di Dunia




Tempat-Tempat Terkering di Dunia

Musim kemarau yang panjang di Indonesia sudah cukup panas bagi kita yang rutin merasakannya. Lalu, bagaimana jadinya jika Anda mengunjungi tempat-tempat yang paling kering di dunia berikut ini? Cuaca kering di tempat-tempat kering di dunia berikut ini disebabkan oleh rendahnya curah hujan tiap tahunnya.
Daerah mana saja yang merupakan tempat terkering di dunia tersebut?
Berikut ulasannya;

1. Antartika
Mungkin fakta ini membuat Anda bingung. Bagaimana bisa tempat yang dikelilingi perairan dingin dan es yang super luas itu disebut sebagai tempat paling kering di dunia? Terlepas dari adanya dua fenomena alam tersebut, curah hujan di Antartika ternyata sangat rendah, rata-rata hanya 10cm per tahunnya.

2. Gurun Sahara
Siapapun pasti sudah mengetahui kisah panasnya Gurun Sahara, yang merupakan gurun pasir terbesar di dunia ini. Terbentang seluas kurang lebih 10 juta kilometer persegi, gurun ini melewati beberapa negara seperti Mesir, Algeria, Chad, Nigeria, Maroko, Tunisia, Sudan dan sebagian besar Afrika Utara.?

3. Gurun Gobi
Gurun Gobi terletak di dekat pegunungan Himalaya. Saat Anda berkunjung ke sini, Anda akan mendapatkan pengalaman memerah susu unta dan juga belajar mengolah minuman lokal masyarakat nomaden.

4. Gurun Atacama
Atacama adalah gurun pasir yang paling kering di kawasan timur bumi. Di sini terdapat satu monumen telapak tangan yang begitu terkenal yang biasa disebut sebagai Atacama Hand. Gurun ini melintasi beberapa negara di Amerika Selatan yaitu Chili, Bolivia, Peru, dan Argentina. Curah hujan di gurun ini hanya sekitar 11 mm per tahunnya.

5. Yuma, Arizona
Yuma adalah salah satu wilayah yang paling gersang di dataran Amerika. Ketika berkunjung ke Yuma, Anda tidak boleh melewatkan tur singkat ke The Yuma County Historical Society, The Organ Pipe Cactus Monument dan The Imperial Sand Dunes. Karena sinar matahari yang sangat berlimpah di sini, banyak turis yang menjadikan Yuma sebagai destinasi wisata untuk mencokelatkan kulit mereka.

6. Gurun-gurun Australia
Gurun-gurun pasir di Australia memang merupakan daerah yang paling ekstrem di dunia. Dengan suhu dan kondisi tanah yang begitu panas, hampir seluruh areanya jadi berwarna merah sehingga dikenal dengan julukan Red Center. Jangan lupa menjelajah ke Uluru (Ayers Rock) untuk melihat kanguru dan binatang khas Australia lainnya di alam bebas.

7. The Bonneville Salt Flats, Utah
Gurun garam ini tepatnya terletak di Tooele County, Utah, Amerika Serikat. Di sini Anda bisa melihat hamparan daratan garam yang begitu luas. Banyak turis datang ke sini tiap tahunnya untuk menyaksikan fenomena garam ini.

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]