Minggu, 02 Desember 2012

Manfaat Santan Kelapa Untuk Kecantikan Rambut & Kulit

Manfaat Santan Kelapa Untuk Kecantikan Rambut & Kulit

Selain digunakan untuk memasak, santan kelapa juga bisa digunakan untuk mendukung kesehatan, sebagai komponen bahan kecantikan, bahkan sebagai campuran minyak pelumas. 
Bagaimana cara penggunaan dan pemanfaatan santan kelapa untuk kecantikan?
Berikut cara penggunaan & pemanfaatan santan kelapa untuk masalah kecantikan tersebut,

1. Rambut
Santan merupakan kondisioner yang efektif untuk rambut karena mengandung 
minyak dan nutrisi lain yang bisa memperkuat akar rambut. Santan kelapa merangsang pertumbuhan rambut dan menunda timbulnya uban. Rambut akan menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok saat di blow drying atau dikeriting. Kelembaban alami yang disediakan oleh santan juga dapat membantu membasmi ketombe. Pijatkan santan kelapa ke kulit kepala, biarkan selama 30 menit, kemudian cuci dengan shampo. Saat dikombinasikan dengan minyak kelapa, santan bisa bertindak sebagai kondisioner yang membuat rambut menjadi lembut dan bersinar.

2. Scrub Santan Kelapa
Santan bisa digunakan bersama dengan produk lain untuk membuat scrub wajah atau tubuh. Scrub dari santan kelapa efektif membersihkan pori-pori dan membantu pengelupasan kulit mati, membuat kulit lembut dan tampak sehat. Campurkan 1 cangkir garam, 4 sdm. santan kelapa, dan 1 1/2 sdm. minyak kelapa sebagai pewangi. Tambahkan santan lagi sampai campuran mencapai konsistensi yang diinginkan. Oleskan pada kulit untuk mendapatkan efek pengelupasan alami dan murah yang dapat digunakan di seluruh tubuh.

3. Krim Santan Kelapa
Santan kelapa bisa dibuat menjadi krim untuk menambah kelembaban kulit dan membantu mencegah pengeringan dan meringankan gatal-gatal. Campur santan dengan bubuk cendana, lantas oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas. Atau, santan dapat langsung digosokkan ke kulit tanpa menambahkan bahan lainnya. Jika langsung digosokkan, santan tidak perlu dibilas.

4. Air Mandi
Santan juga dapat ditambahkan langsung ke air mandi untuk melembabkan kulit di seluruh tubuh. Tambahkan 1/2 cangkir santan ke bak mandi untuk membuat kulit menjadi lembut dan kenyal. Tambahkan lagi 1/2 cangkir air mawar untuk memperkuat aroma air mandi, sementara masih mempertahankan efek positif santan kelapa. Kulit kering membuat bakteri lebih mudah menginfeksi tubuh, sehingga pelembab kelapa dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat.

Bonus Gan  
Cara menghilangkan/mengobati ketombe dengan santan kelapa
Tidak percaya diri karena serpihan ketombe jatuh di pundak Agan? Jangan putus asa, cobalah pergi ke dapur rumah Agan dan cobalah buat resep santan kelapa yang dapat mengatasi masalah rambut secara alami.

Rupanya tak hanya sedap menjadi bumbu masakan, santan kelapa juga ampuh mengatasi kulit kepala Agan yang bermasalah. Ketombe hilang lenyap setelah Agan balurkan santan kelapa ke seluruh rambut. Kandungan tannin, vitamin C dan E dalam buah kelapa terbukti dapat menghilangkan ketombe serta mengatasi kulit kepala yang berminyak.

Cara alami ini mudah sekali Agan lakukan di rumah. Perhatikan langkah-langkah berikut :
  • Siapkan 1 buah kelapa segar
  • Parut daging kelapa segar
  • Campur dengan sedikit air
  • Peras air campuran kelapa hingga menghasilkan santan kental
  • Oleskan santan kelapa ke kulit kepala secara merata
  • Diamkan kurang lebih 15 menit
  • Basuh dengan shampoo dan bilas dengan air hingga bersih agar tidak berminyak

Lakukan ritual perawatan rambut alami ini setidaknya seminggu sekali. Ketombe hilang, rasa percaya diri pun kembali.





0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]