Sabtu, 22 Desember 2012

Bagaimana Memilih Sekolah Yang Baik?

Tips Memilih Sekolah


Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa /murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal, yang umumnya wajib bagi para warga negaranya.
bagaimana memilih sekolah yang terbaik? Sudah seharusnya kita selektif untuk memilih sekolah.
Berikut Ane ulas tips memilih sekolah yang baik/bagus,

1. Reputasi sekolah 
Memang tidak perlu repot mempertanyakan mengenai kredibilitas sekolah favorit karena sekolah favorit memiliki segudang prestasi dan selalu juara. Sementara kalau ingin mendaftar di luar daftar sekolah favorit, haruslah melakukan pencarian informasi terlebih dahulu mengenai sekolah tersebut, seperti prestasi apa saja yang sudah mereka dapatkan, perilaku murid-murid sekolah tersebut dan kualitas para pengajarnya.

2. Lulusan/Alumni
Amati berapa persen alumni sekolah tersebut yang berhasil dan berapa persen yang gagal dalam meraih cita-citanya. 
Kenali para lulusan sekolah tersebut dalam meraih cita-citanya jika banyak yang berhasil adalah bukti sekolah tersebut memang kompeten.
Lulusan atau alumni dapat dilihat di buku alumni yang ada di sekolah tersebut, atau juga bisa dikenali dengan bertanya kepada masyarakat tentang para lulusan sekolah tersebut yang sudah berhasil.

3. Kurikulum yang dimiliki oleh sekolah
Setiap sekolah mempunyai kurikulum dan metode pembelajaran yang berbeda- beda, contohnya ada sekolah yang menerapkan kurikulum jiwa enterpreneur pada anak didiknya yang diaplikasikan dalam metode pembelajarannya. Pilihlah sekolah dengan kurikulum yang sesuai kebutuhan dan kemampuan. 
Banyak sekolah yang menerapkan kurikulum internasional dan kurikulum nasional. Semua harus disesuaikan dengan kemampuan, yang terpenting adalah  kurikulum tersebut nyaman dan tentunya bagus yang membuat sekolah tersebut menjadi sekolah yang berkualitas dengan segudang prestasi.


4. Reputasi guru & para pengajarnya
Lihat kompetensi para guru di sekolah tersebut, juga berapa yang berpendidikan yang memadai dan sesuai dengan ilmu yang diajarkannya. Sebab jaman sekarag banyak sekali guru yang mengajar tidak sesuai dengan apa yang diraihnya.
Bila ada sekolah/guru yang mendirikan sekolah lain atau mengajar ganda , maka perlu di perhatikan karena ada kecenderungan sekolah dan guru tersebut bertujuan komersil bukan untuk mendidik dengan sungguh-sungguh para siswa-siswa nya. 

5. Kelengkapan sarana  prasarana sekolah
Dalam memilih sekolah,harus cermat untuk memperhatikan berbagai fasilitas sekolah yang memang dibutuhkan sebagai media belajar. 
Periksalah apakah sekolah tersebut memiliki laboratorium praktik berbagai mata pelajaran seperti Kimia, Biologi dan Fisika. Begitu pula apakah ada ruang komputer, ruang bahasa,perpustakaan, lapangan olahraga, kantin yang sehat dan kamar mandi yang bersih dan lain-lainnya.
Dari bentuk fisik bangunan, serta peralatan dan sarana prasarana harus lengkap. Perpustakaan, laboratorium bahasa, komputer dan sarana praktek dan media pendukung belajar harus ada. Alat dan tempat olahraga juga harus ada. 

6. Keamanan lingkungan sekolah
Keamanan lingkungan sekolah sangat penting untuk diperhatikan, lihat & kenali lingkungan sekolah yang akan dipilih.
Banyak sekolah-sekolah yang berlokasi ditempat yang kurang strategis, seperti di lingkungan pasar atau terminal.
Bisa juga lokasi sekolah tersebut berada di satu lokasi yang sama dengan sekolah yang murid-murid nya sering tawuran dan hal-hal negatif lain nya. 

7. Kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah
Salah satu wadah pembinaan peserta didik di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam peserta didik dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya. Kegiatan-kegiatan peserta didik di sekolah khususnya kegiatan ko/ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi terarah dan terpadu dengan kegiatan lain di sekolah, guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum.
Maka pilihlah sekolah yang mempunyai kegiatan ekstra kurikuler yang bagus & lengkap, disampin banyak prestasi dari para muridnya yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah tersebut.

8. Lokasi sekolah
Lamanya perjalanan apalagi harus bersekolah setiap hari tentu akan berpengaruh terhadap proses belajarnya. Oleh karena itu pertimbangkan apakah lokasi sekolah tersebut cukup jauh? 
Berapa lama waktu yang harus ditempuh untuk sampai ke sekolah? 
Untuk mencapai sekolahnya, sarana apa saja yang bisa digunakan? 
Apakah sarana tersebut pun cukup mudah? 
Kalau sekolah terlalu jauh dan sarananya pun sulit, malah bisa menjadi kelelahan dan tidak bisa konsentrasi belajar.

9. Biaya
Faktor ini terkadang jadi acuan utama, banyak masyarakat keliru biaya murah adalah untuk sekolah yang cocok, padahal terkadang sebaliknya, begitu pula biaya sekolah yang mahal bukan berarti sekolah tersebut berkualitas namun justru hanya sekolah sebagai alat untuk bisnis semata bukan untuk mendidik.
Pertimbangkan pula sekolah yang sering memungut iuran-iuran kepada para murid & orang tua murid, yang sering memberatkan keuangan.

10 Bangunan Sekolah?
Tidak sedikit yang enggan memilih sekolah dengan bangunan yang kurang representatif. 
Memang betul Gan, gedung sekolah yang kurang nyaman akan menyebabkan para siswanya malas untuk belajar,seperti atap kelasnya yang bocor, de el el, begitu pula siswa yang malu diledekin ama temannya karena bangunan sekolahnya tidak bagus.
Disamping faktor keamanan juga, maka pilihlah sekolah yang mempunyai gedung yang minimal selalu terawat & aman untuk dijadikan tempat belajar mengajar.

Itulah beberapa tips untuk memilih sekolah, jangan terkecoh dengan tampilan gedung sekolah yang mewah atau juga terkecoh dengan biaya yang murah namun tidak kompeten.






dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]