Senin, 01 Juli 2013

Aturan Membuat Jus Yang Baik

Aturan Membuat Jus Yang Baik

Membuat jus sendiri di rumah sebenarnya tidak sulit. Sebaliknya, lebih aman karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet atau pemanis. Akan tetapi, apakah jus yang kita buat benar-benar sehat? Jangan biarkan nutrisi dalam jus hilang karena pemrosesan.

Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan jus yang sehat.

Keamanan pangan
Pastikan bahwa peralatan dan bahan yang akan digunakan benar-benar bersih. Cuci buah untuk menghilangkan kontaminasi dan pestisida yang menempel. Demikian halnya dengan peralatan yang dipakai, karena peralatan yang tidak bersih akan membawa penyakit bagi kita.

Peralatan yang mudah dicuci
Gunakan peralatan blender atau juicer yang mudah dibersihkan. Sisa jus yang tersisa di blender yang tidak dibersihkan akan membawa banyak bakteri.

Perlu kulit buahnya atau tidak?
Ada beberapa jenis sayuran dan buahan-buahan yang tidak perlu dikupas agar tidak mengurangi serat dan zat pektin yang ada di kulitnya, seperti wortel, apel, dan beberapa sayuran.  Namun, jika buah yang digunakan bukan organis, cucilah dengan sabun khusus dan bilas dengan air mengalir.

Jangan menambahkan gula
Terlalu banyak gula dapat merusak nutrisi yang baik dalam jus. Gunakan seperlunya, atau lebih baik tidak menggunakannya sama sekali. Bila kurang manis, tambahkan saja madu ke dalam jus.

Konsumsi langsung
Jus yang baik dan sehat segera diminum setelah dibuat. Jika disimpan untuk waktu yang lama, kandungan enzim dan nutrisinya akan berkurang. Akhirnya kita tidak mendapatkan manfaat yang optimal dari jus yang dibuat. Untuk mendapatkan penyerapan nutrisi yang lebih baik, konsumsilah saat perut kosong.

Jangan disaring
Jangan menyaring jus yang dibuat, karena serat yang penting akan menjadi sia-sia.

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]