Sabtu, 08 Desember 2012

Jam Kerja Tubuh Manusia Ala Pengobatan Timur

Jam Kerja Tubuh Manusia Ala Pengobatan Timur

Perbedaan antara Pengobatan barat dengan Pengobatan timur tidak perlu diperdebatkan, keduanya justru dapat saling melengkapi dan saling mendukung. Berikut ini adalah panduan jam kerja tubuh manusia yang dikemukakan para ahli pengobatan tradisional China, Boleh dipercaya boleh tidak, boleh diikuti, boleh tidak. Tapi yang jelas bisa menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan kita Gan. 

Jam piket organ-organ tubuh itu terbagi menjadi 12 bagian. 
Pembagian ini berkaitan dengan 5 elemen penyeimbang dalam budaya China yaitu: 
- kayu (lever)
- api (jantung)
- tanah (limpa dan lambung)
- logam (paru-paru)
- air (ginjal)

Alur ke 12 bagian tersebut harus salaras dengan elemen penyeimbangnya.
Lever (kayu) akan menghidupi jantung (api), jantung menghidupi limpa dan lambung (tanah), diteruskan dengan paru-paru (logam), dan ginjal (air). Siklus tersebut terus berputar bagaikan roda.
Dalam ilmu kedokteran China, pengetahuan jam piket organ tubuh manusia ini dikenal dengan nama zi wu liu zhu
Pada setiap bagian (dari 12 bagian tersebut), terdapat suatu organ tubuh yang berfungsi secara maksimal karena aliran darah saat itu sedang terpusat pada organ-organ tersebut. Kegunaan lainnya terutama dirasakan oleh pribadi-pribadi tertentu yang menderita sakit.

Jadi manfaat yang dapat diambil dengan mengetahui jam piket organ tubuh. Salah satunya, melakukan aktivitas tertentu yang mendukung kerja organ agar tubuh dapat meraih manfaat optimal kala organ yang bersangkutan memang tengah bekerja maksimal. Mereka yang tengah menderita penyakit tertentu dianjurkan untuk mengkonsumsi obat yang harus diminumnya sesuai jam piket organ yang memiliki gangguan. Misalnya penderita lever sebaiknya mengkonsumsi obatnya selepas tengah malam. Tepatnya pukul 01.00 - 03.00 saat organ hati/lever sedang bekerja maksimal.


Jam 00.01 – 00-03 (masa pengeluaran racun) 
adalah Jam Kerja  HATI
Di rentang waktu ini terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh secara maksimal. Tak heran kalau umumnya orang mengantuk pada jam-jam ini karena hati memang sedang membutuhkan banyak darah untuk menjalankan fungsinya. Bila ada gangguan fungsi hati, akan tercermin pada kotoran yang dibuang tubuh ataupun dalam bentuk gangguan mata. Saat ini pengeluaran racun paling efektif dari seluruh organ dalam tubuh. Sebaiknya tidur nyenyak melewati di waktu ini, agar seluruh organ dalam bisa mengeluarkan racun dengan sempurna.


Jam 03.00 – 05.00 (masa reses tidur) 
adalah Jam Kerja PARU-PARU
Di rentang waktu ini darah sudah kembali tersebar ke seluruh tubuh, sehingga saat bangun, tubuh terasa segar. Setelah bangun tidur dianjurkan melakukan olahraga agar fungsi paru-paru maksimal dengan tambahan oksigen yang di dapat melalui olahraga. Sering terjadi anfal bagi penderita sakit di jam-jam ini. Juga sering terjadi kematian. Karena itu, kalau begadang jangan sampai lewat jam itu.


 Jam 07.00- 09.00    
adalah Jam Kerja  LAMBUNG
Upayakan sarapan yang dibutuhkan bagi proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan terlalu berat. Makanlah secukupnya hingga lambung tidak kelewat diforsir. Dengan demikian, saat waktu  kerja lambung melemah, masih tersedia energi yang tersisa.


Jam 09.00-11.00 (Masa penyerapan sari atau gizi)  
adalah Jam Kerja LIMPA
Limpa bertugas mengubah cairan nutrisi menjadi energi/tenaga untuk beraktivitas. Manfaatkan tenggang waktu ini untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Bila yang bersangkutan pada tenggang waktu ini mengantuk, berarti fungsi limpanya lemah. Saat puncak kemampuan dan daya ingat terbaik manusia. Juga merupakan saat terbaik untuk belajar dan mengerjakan sesuatu.


Jam 11.00-13.00 (masa reses atau istirahat) 
adalah Jam Kerja JANTUNG
Untuk memaksimalkan kerja jantung, istirahatlah di jam-jam ini, cukup 20 menit Hindari panas dan olah fisik pada rentang waktu ini. Sebaiknya duduk tenang atau duduk sambil memejamkan mata. Sebaiknya tidak minum minuman keras, Sebab, selain mudah mabuk, juga bisa mengganggu lever.


Jam 13.00-15.00 (masa puncak)  
adalah Jam Kerja USUS KECIL
Di rentang waktu ini penyerapan usus kecil sedang maksimal. Bila kerjanya tidak maksimal, biasanya di jam-jam ini akan terasa nyeri. Sewaktu BAB, makanan yang dikonsumsinya tidak terolah, hingga fesesnya masih banyak mengandung bentuk-bentuk makanan yang dikonsumsinya. Daya analisa dan kemampuan kreatif paling baik.


Jam 15.00-17.00 (masa dimana kemampuan mulai merosot)  
adalah Jam Kerja KANTUNG KEMIH
Di jam-jam ini fungsi kantung kemih sedang maksimal. Makanya di rentang waktu ini banyak yang ingin BAK. Bila kantung kemihnya bermasalah, biasanya ditandai dengan sering BAK (buang air kecil), ataupun BAK-nya malah tidak terkontrol. Saat itu daya tahan tubuh merosot. Sebaiknya makan buah-buahan Hindari terlalu banyak makan yang bisa menjadikan tubuh tambun.


Jam 17.00-19.00 (masa longgar santai) 
adalah Jam Kerja GINJAL
Menurut pengobatan China, ginjal merupakan pusat dari semua organ tubuh. Pada kisaran waktu ini, nutrisi yang diproduksi sedang berkumpul di ginjal. Jadi, sebaiknya hindari makan pada kisaran waktu ini. Manfaatkan tenggang waktu ini untuk beristirahat/relaks, seperti duduk-duduk, ngobrol bersama keluarga, dan sejenisnya agar ginjal dapat bekerja maksimal menyerap nutrisi yang ada. Hindari aktivitas yang melelahkan, seperti olah raga. Saat itu gula darah agak naik, indera perasa dan penciuman sangat sensitive.


Jam 19.00-21.00 (masa istirahat sejenak) 
adalah Jam Kera  PERIKARDIUM
Rentang waktu ini merupakan jam piket perikardium/lapisan luar jantung. Inilah waktu yang tepat untuk makan malam. Sebaiknya 30 menit setelah makan malam, berjalan-jalan mengistirahatkan otak dan tenaga yang telah menderita tekanan sepanjang hari.


Jam 21.00-23.00 (istirahat malam) 
adalah Jam Kerja  KELENJAR GETAH BENING
Nutrisi yang didapat dari makan malam dapat tersebar ke seluruh tubuh secara maksimal berkat kelenjar getah bening. Bermanfaat mengembalikan energi tubuh yang terbuang/terpakai setelah lelah bekerja di siang hari. Saat itu adalah puncak kegiatan pada malam hari, merundingkan masalah, mempelajari sesuatu yang banyak menggunakan pikiran dilakukan saat itu.


Jam 23.00-00.00 (masa istirahat tenang)  
adalah Jam Kerja KANTUNG EMPEDU
Jam piket kantung empedu yang bertugas mengeluarkan cairan untuk pencernaan. Sebaiknya beristirahat di jam jam ini hingga kantung empedu dapat berfungsi maksimal dalam memproduksi cairan. Setelah sibuk seharian, saat itu sebaiknya digunakan untuk istirahat. Waktunya tidur dan mimpi indah. Jangan sekali-kali tubuh diporsir bila anda tak ingin menyesal.




dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]